Mengenal Pengelompokan dan Derajat Keparahan Wasir

| Posted : 19 Dec 2014 | Obat dan Penyakit No comments
www.oturmasimidi.org

www.oturmasimidi.org

Wasir atau yang dalam bahasa medisnya dikenal dengan nama hemorrhoid ini merupakan salah satu penyakit yang kini menjadi perhatian khusus, utamanya bagi mereka yang memiliki riwayat susah buang air besar sehingga harus sering mengejan. Berdasarkan letak anatominya, hemorrhoid dibagi menjadi dua, yaitu hemorrhoid interna atau wasir dalam dan hemorrhoid externa atau wasir luar. Lalu apa perbedaan keduanya? Simak informasi selengkapnya sesaat lagi!

Wasir dalam adalah wasir yang letaknya diatas linea dentata, sebuah area yang tidak memiliki saraf-sarat sensitif sehingga tidak menyebabkan rasa sakit. Sedangkan wasir luar terletak di pinggir dubur. Jika penderita mengejan terlalu keras atau sedang mengalami kondisi terlalu lelah maka darah yang berada di dalam pembuluh darah wasir luar dapat membeku dan dapat terasa sakit. Hal ini dikenal dengan nama perianal thrombose. Umumnya perianal thrombose akan hilang sendiri dalam jangka waktu satu hingga dua minggu. Namun demikian bekas pembengkakan yang telah terjadi tidak akan kembali seperti sediakala saat masih normal yang akan menyisakan lipatan kulit yang dinamakan skintag.

alternatiftedavibitkiler.blogspot.com

alternatiftedavibitkiler.blogspot.com

Seperti penyakit lainnya, wasir juga memiliki derajat keparahan yang terbagi dalam empat kelompok. Apa saja? Pertama adalah kondisi pembengkakan yang masih di dalam dubur sehingga tidak terlihat secara kasat mata. Lalu apa gejala pembengkakan dalam dubur ini? Yang paling menonjol adalah terjadinya pendarahan sewaktu buang air besar, baik itu darah segar yang menetes ataupun darah yang mancur. Yang kedua adalah keluarnya wasir saat buang air besar namun wasir tersebut secara spontan dapat masuk kembali setelah buang air besar selesai dilakukan.

Yang ketiga wasir tidak dapat masuk secara spontan hingga harus dibantu dengan jari atau membutuhkan waktu yang lama untuk masuk. Derajat keparahan yang keempat, meskipun wasir dapat masuk tetapi wasir mudah keluar lagi saat kembali melakukan kegiatan fisik. Sebenarnya pengkategorian derajat keparahan suatu penyakit ini berkaitan erat dengan terapi terbaik yang akan dilakukan pada pasien. Yang perlu diketahui, tidak ada kata terlambat atau parah yang melekat pada wasir. Pada penderita wasir derajat empat pun jika sang penderita tidak merasa terganggu dan dapat hidup dengan keadaan yang demikian maka tidak memerlukan adanya pengobatan. Namun jika setiap buang air besar selalu berdarah, maka pendarahan harus dihentikan bukan? Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Cemal-Cemil Buah Naga, si Lezat Yang Kaya Manfaat

Tips Memilih Buah atau Rempah dalam Infused Water

Berkreasi Dengan Menu Sehat Bersama Pecel Kembang Turi

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: rs-premierjatinegara.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment