Mengenal Osteoarthritis, Rasa Nyeri Pada Sendi

| Posted : 09 May 2015 | Obat dan Penyakit No comments
Ilustrasi Osteoarthritis

Ilustrasi Osteoarthritis thrive.suntimes

Nyeri pada sendi merupakan salah satu penyakit yang diderita oleh mayoritas orang. Jika Anda mengalami rasa nyeri yang serupa, alangkah baiknya Anda berusaha meluangkan waktu untuk berkonsultasi dengan pihak medis yang dipercaya. Rasa nyeri pada sendi dapat terjadi karena osteoarthritis. Sebuah sebutan untuk kondisi radang pada sendi ataupun kerusakan pada tulang rawan sendi. Penyakit ini dapat terjadi pada seluruh sendi, baik sendi kecil ataupun sendi besar yang berada diantara dua tulang.

Karena hasil rontgen penderita osteoarthritis menunjukkan adanya osteofit (semacam taji), maka ada yang menganggap osteoarthritis sebagai kondisi pengapuran. Namun perlu diketahui bahwasanya anggapan tersebut salah. Osteoarthritis bukanlah pengapuran. Tumbuhnya osteofit terjadi karena kerusakan pada tulang rawan. Jadi jika Anda merupakan salah satu penderita osteoarthritis, jangan takut untuk mengkonsumsi kalsium.

Seperti hanya jenis penyakit lainnya, penyakit osteoarthritis juga memiliki beberapa tingkatan. Ada yang menyebabkan tulang rawan terlihat lembek, ada yang seolah berserabut dan bolong. Untuk stadium osteoarthritis yang lebih parah dapat menyebabkan tulang yang berada di bawah tulang rawan ikut tergerus. Meski dapat terjadi di semua sendi, umumnya osteoarthritis menyerang pada lutut dan panggul. Hal ini disebabkan karena kedua sendi tersebut merupakan sendi yang menahan beban tubuh.

Ilustrasi Osteoarthritis

Ilustrasi Osteoarthritis empowher

Ada beberapa penyebab terjadinya penyakit osteoarthritis, salah satunya adalah kegemukan. Berat badan yang tidak seimbang tentu akan memberi penekanan yang lebih berat pada berbagai sendi tubuh. Selain itu faktor keturunan dan cedera saat olah raga juga dapat menjadi faktor pencetus timbulnya osteoarthritis. Satu yang perlu diketahui, penyakit ini termasuk dalam jenis penyakit degeneratif sehingga juga dapat terjadi pada mereka yang sudah berumur.

Secara umum osteoarthritis dibedakan menjadi dua jenis. Yang pertama disebut dengan osteoarthritis primer. Penyebab datangnya osteoarthritis primer tidak diketahui dan umum terjadi pada orang tua. Untuk jenis yang kedua yaitu osteoarthritis sekunder dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti patah tulang yang patahnya sampai pada bagian sendi. Osteoarthritis sekunder juga dapat datang lebih awal jika perbaikan patah tulang tidak dilakukan dengan benar. Karena itu, jika jatuh atau mengalami patah tulang, sebaiknya Anda segera memeriksakan kondisi kesehatan pada pihak medis yang dipercaya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Mengenal Penyebab Penyakit Meningitis

Pentingnya Cek Kesehatan Gusi

Mengenal Penyebab dan Jenis Katarak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.medistra.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment