Manfaat Pohon Kersen untuk Kesehatan

dari www.tabloidcempaka.com

dari www.tabloidcempaka.com

Kersen adalah sejenis pohon perdu yang berbuah, buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Pohon kersen sering dijumpai di pinggir jalan sebagai peneduh. Pohon ini awalnya sering tumbuh sebagai semai liar di tepi jalan, selokan, atau muncul di tengah retakan tembok lantai atau pagar, dan akhirnya tumbuh dengan cepat. Dengan sifatnya yang mampu tumbuh di daerah kering menyebabkan tumbuhan ini menjadi salah satu tumbuhan pionir yang paling banyak dijumpai di wilayah hunian manusia di daerah tropis.

Secara karakteristik, kersen merupakan tanaman perdu yang bisa tumbuh tinggi kurang lebih mencapai 12 meter. Walaupun rata-rata tumbuhan kersen saat ini baru bisa tumbuh mencapai 1 sampai 4 meter. Cabang pohonnya mendatar dan membentuk kanopi atau naungan rindang. Saat berbuah, buahnya akan berwarna merah saat sudah tua, sedangkan saat masih muda buahnya berwarna hijau.

Buah kersen mengandung zat-zat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kandungan buah kersen antara lain setiap 100 gram kersen mengandung air (77,8 gram), protein (0,384 gram), lemak (1,56 gram), karbohidrat (17,9 gram), serat (4,6 gram), abu (1,14 gram), kalsium (124,6 miligram), fosfor 84 miligram, besi (1,18 miligram), karoten (0,019 gram), tianin (0,065 gram), ribofalin (0,037 gram), niacin (0,554 gram), dan vitamin C (80,5 miligram). Adapun nilai energi yang dihasilkan 380 KJ/100 gram.

dari probohindarto.wordpress.com

dari probohindarto.wordpress.com

Kandungan-kandungan tersebut membuat buah kersen menjadi memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dari penelitian diperoleh kersen mengandung kadar purin rendah. Kandungan air tinggi dalam buah kersen dapat melarutkan purin yang mengendap di ginjal atau persendian. Dengan kandungan itulah, kersen mampu mengatasi asam urat. Caranya sangat mudah, yakni makan saja mudah kersen yang sudah makan sebanyak sembilan buah tiga kali sehari.

Daun kersen juga mempunyai manfaat sebagai antirumor karena mengandung senyawa tanin, flavonidis, dan saponin. Daun kersen yang direbus dapat menjadi antiseptik dan antiflamasi atau antiradang. Daun kersen juga berkhasiat melindungi otot jantung. Kerja aktif kandungan daun kersen dapat memperkuat otot jantung.

Khasiat kersen lainnya untuk obat ialah mampu membantu mengobati Hipertensi, caranya jemur daun kersen sampai kering. Setelah itu seduh daun kersen secukupnya dengan air putih panas. Tunggu beberapa saat hingga larut seperti saat Anda menyeduh teh. Minumlah dua kali dalam sehari. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Trik untuk melawan alergi

Manfaat penggunaan bahan yang mengandung asam bagi wajah

Facial wajah organik, pilihan asik merawat kecantikan wajah

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.tabloidcempaka.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment