Makanan yang Beresiko Membuat Sendi Anda Terluka

| Posted : 31 Mar 2016 | Obat dan Penyakit No comments
Ilustrasi Kesemutan

Ilustrasi Kesemutan nuccawellnesschicago.com

Kesehatan sendi merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan. Pasalnya jika terjadi radang sedikit saja, kondisi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kini kesehatan erat kaitannya dengan pilihan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Terkait dengan hal ini, selain terdapat makanan yang dijuluki sebagai anti inflamasi seperti kacang-kacangan dan ikan, ada pula makanan yang ditengarai dapat beresiko melukai sendi. Berikut beberapa diantaranya!

Tomat

Tomat

Tomat pixabay

Meski tomat dianggap sebagai makanan anti inflamasi, namun penelitian menunjukkan hal yang berbeda. Pada sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 2.051 penderita gout menyebutkan bahwa 20% respondedn melaporkan tomat sebagai salah satu pemicu radang. Gout arthritis merupakan tipe peradangan sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat.

Rasa nyeri tersebut ditimbulkan akibat bentukan kristal asam urat yang berbentuk seperti jarum. Karena itulah radang jenis ini menimbulkan sakit yang luar biasa.  Setelah mendapat temuan ini, peneliti kemudian menganalisis data dari 12.720 orang yang tidak memiliki gout. Dari data yang ada ditemukan bahwa mengkonsumsi tomat dapat meningkatkan kadar asam urat yang ditemukan dalam darah responden.

Sugary Soda

Ilustrasi Soda

Ilustrasi Soda pixabay

Selain menawarkan rasa manis yang enak di lidah serta sederetan manfaat baik lainnya ternyata konsumsi sugary soda juga beresiko pada tingkat kesehatan seseorang. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, sugary soda beresiko pada tercetusnya beberapa penyakit seperti diabetes dan jantung. Konsumsi gula juga dapat memicu pelepasan inflammatory “messengers” bernama sitokinin. Lebih lanjut lagi, penelitian juga menemukan hubungan antara konsumsi soda dan risiko arthritis. Jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum soda, ternyata wanita yang minum satu soda atau lebih sehari memiliki risiko 63% lebih besar terkena arthritis.

 Makanan Lainnya

Daging

Daging pixabay

Selain tomat dan soda, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak omega 6 juga ditengarai berpotensi melukai sendi. Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak omega 6 adalah minyak kedelai, makanan yang digoreng, margarin, kuning telur dan daging.

Baca juga.

Mengenal Osteoarthritis, Rasa Nyeri Pada Sendi

Makanan Sehat untuk Penderita Radang Sendi

Amankah Kebiasaan Menggeretakkan Jemari?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.prevention.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment