Kulit Lebih Tebal dan Bersisik ? Bisa Jadi itu Psoriasis!

Psoriosis

Psoriosis medicinenet.com

Mungkin psioriasis merupakan salah satu penyakit kulit yang belum banyak dikaetahui khalayak ramai. Berbeda dengan jerawat, biang keringat hingga pnyakit gatal yang terjadi sehari-hari. Psoriasis merupakan salah satu bentuk kelainan yang disebabkan karena gangguan sistem daya tahan tubuh seseorang. Gejala utama penyakit ini akan terlihat pada kulit.

Gangguan daya tahan tubuh ini dapat menyebabkan perubahan pada berbagai struktur kulit. Salah satu gejala yang terlihat adalah terjadinya peningkatan kecepatan pergantian lapisan kulit luar. Meski terdengar sepele, namun hal ini akan menyebabkan penampakan kulit yang tampak lebih tebal dan bersisik dari kulit normal. Jika orang normal membutuhkan waktu pergantian kulit selama 28 hari, pergantian kulit pada penderita psoriasis hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 5 hari saja.

Meski dapat terjadi pada anak-anak atau orang tua, namun kebanyakan kasus psioriasis terjadi pada usia 15 hingga 30 tahun. Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang beresiko terkena psoriasis seperti obesitas, konsumsi alkohol hingga perokok.  Ada pula beberapa hal yang dapat menjadi pencetus terjadinya psoriosis seperti obat-obatan tertentu, misalnya saja obat malaria dan antihipertensi), stres, cuaca dingin hingga terjadinya infeksi, utamanya yang terjadi pada kulit ataupun saluran pernafasan.

Karena terdapat keterikatan dengan faktor genetik, faktor keturunan memiliki peran besar sebagai pemantik terjadinya kasus psoriosis. Utamanya jika kelainan sudah muncul pada usia dini. Pada tahap awal, psoriosis memperlihatkan gejala seperti kemerahan. Meski demikian, tampilan kemerahan pada penyakit ini terbilang cukup khas yang ditandai dengan timbulnya sisik tebal berwarna keputihan pada permukaan kulit.

Psoriosis

Psoriosis ignisnatura.cl

Sisi kulit yang paling sering terkena terkesan simetris dan sisi ekstensor seperti sisi depan kedua tungkai, sisi belakang kedua lengan, siku, lutut ataupun punggung. Meski demikian gejala yang demikian belum cukup untuk mencurigai kemunculan psoriasis. Darukan berulang pada kulit yang diikuti dnegan muculnya kulit kemerahan bersisik dalam beberapa hari menjadi tanda penguat diagnosis psoriasis. Bintik perdarahan akibat garukan pada sisik tebal yang dikenal sebagai tanda Auspitz menjadi tanda khas psoriasis. Jika mengalami gejala yang demikian segeralah untuk berkonsultasi ke dokter.

Karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, maka menghindari faktor pencetus menjadi hal yang patut dilakukan. Terkait hal ini, mandi dengan air hangat dan menggunakan pakaian berbahan katun juga direkomendasikan oleh American Academy of Dermatology. Selain itu penerapan pola hidup yang sehat dan seimbang perlu senantiasa dilakukan.

Baca juga:

Aneka Makanan Sehat untuk Kulit Anda

Menggunakan Makanan Fermentasi Demi Kesehatan Kulit

Makanan yang Akan Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dokita.co

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment