Kesepian Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

| Posted : 30 Nov 2015 | Obat dan Penyakit No comments
Kesepian

Kesepian pixabay

Kesepian merupakan salah satu hal yang tidak disenangi banyak orang. Ada sebuah fakta mengejutkan terkait hal ini.Menurut sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa kesepian dapat memicu perubahan sel dalam tubuh. Sayangnya hal ini dapat meningkatkan kemungkinan tubuh terkena penyakit dan kematian dini. Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya!

Lebih jauh lagi, penelitian terkait pengaruh kesepian ini juga dilakukan oleh yang dilakukan oleh Proceedings of the National Academy of Sciences. Studi terbaru ini dilakukan dengan mengeksplorasi perubahan sel yang tubuh yang dapat membuat orang menjadi lebih rentan terhadap penyakit dan juga kematian dini.

Terkait hal ini, para peneliti dari University of Chicago dan University of California menemukan bahwa kesepian ternyata dapat memicu mekanisme fightor flight di dalam tubuh. Mekanisme ini dapat mempengaruhi produksi sel darah putih yang pada akhirnya dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Seperti yang telah banyak diketahui, leukosit merupakan salah satu pelindung tubuh terhadap serangan bakteri dan virus.

Peneliti menyimpulkan bahwa ekspresi gen pada sel darah putih dan rasa kesepian ini memiliki hubungan timbal balik yang kemungkinan saling berhubungan. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa isolasi sosial diantara orang yang lebih tua dapat meningkatkan resiko kematian dini sebesar 14%. Bahkan sebuah badan amal terkemuka di Inggris pun akhirnya menjadikan kesepian sebagai salah satu masalah kesehatan yang perlu mendapat perhatian lebih.

Kesepian

Kesepian pixabay

Hasil penelitian lain menyebutkan bahwa lebih dari satu juta orang tua mengatakan mereka belum berbicara pada teman, tetangga atau keluarga selama lebih dari satu bulan.Karena itulah tidak ada salahnya jika Anda memiliki waktu senggang, Anda dapat memulai pembicaraan terlebih dahulu pada orang tua yang berada di sekitar tempat tinggal Anda. Selain dapat berpotensi mengganggu kesehatan fisik juga dapat berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. Rasa sepi juga dapat membuat orang menjadi sedih. Jadi jangan sepelakan kesepian ya!

Baca juga:

Tips Liburan Bagi Traveller Penderita Diabetes

Tips Olahraga Saat Musim Hujan Tiba

Manfaat Cokelat yang Belum Banyak Diketahui

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.webmd.boots.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment