Kenapa Payudara Sering Nyeri Saat Menstruasi ? Ini Alasannya !

| Posted : 30 May 2016 | Obat dan Penyakit No comments
Wanita

Wanita pixabay

Bukan menjadi rahasia lagi jika sebagian wanita merasa uring-uringan saat menjelang atau sedang mengalami fase menstruasi. Pasalnya sebagian wanita kerap mengalami beberapa gejala kurang mengenakkan saat datang bulan. Salah satunya adalah gejala pembengkakan payudara yang disertai dengan rasa nyeri.

Tidak jarang orang mengaitkan rasa nyeri pada payudara sebelum menstruasi dengangejala kanker. Pasalnya selain terasa nyeri, seringnya payudara juga terasa kencang, ngilu atau bahkan mengalami benjolan yang terasa keras dan besar. Pada beberapa kasus, ada pula yang menyebabkan keluarnya cairan dari puting. Belum lagi jika perut terasa mulas. Jika gejala ini terjadi dalam waktu yang bersamaan, bisa jadi untuk berfikir rasional saja terasa menyulitkan.

Padahal gejala payudara yang tersebut bukanlah kanker, melainkan fibroadenosis. Fibroadenosis terjadi akibat perubahan hormon selama siklus menstruasi bulanan. Karena benjolan dan rasa sakit gejala fibroadenosis umumnya akan reda setelah menstruasi, maka tidak diperlukan penanganan khusus dari dokter. Resep dari dokter hanya untuk membantu meredakan nyeri menstruasi saja.

Jika Anda kerap mengalami kejadian serupa, ada beberapa cara tanpa obat-obatan yang dapat dilakukan untuk mengrurangi rasa nyeri dan bengkak akibat fibroadenosis. Salah satu cara paling mudah yang dapat dilakukan adalah memilih bra sesuai ukuran yang tidak terlalu ketat. Saat payudara terasa bengkak, bra yang terlalu ketat dapat meningkatkan tekanan pada payudara yang dapat memperparah rasa nyeri akibat fibroadenosis.

Wanita

Wanita pixabay

Untuk merilekskan payudara yang tegang Anda dapat mengompresnya dengan air hangat ataupun dingin. Mengurangi efek fibroadenosis juga dapat dilakukan dengan selektif memilih makanan seperti mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh. Jika Anda termasuk penggemar kopi, ada baiknya untuk mengurangi asupan kafein. Terakhir, usahakan untuk tidak merokok serta menghindari tempat-tempat yang dapat meningkatkan potensi Anda menjadi perokok pasif. Mudah bukan?

Baca juga:

Menstruasi Datang Terlambat ? Mungkin Ini Penyebabnya !

Tanda dan Cara Menghitung Masa Subur pada Wanita

Beberapa Tanda Awal Kehamilan Selain Telat Haid yang Perlu Diperhatikan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: lifestyle.okezone.com, www.alodokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment