Yuk Kenali Penyebab Munculnya Lingkaran Hitam di Sekitar Mata!

| Posted : 10 Sep 2015 | Kecantikan No comments
Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Lingkaran Hitam di Bawah Mata trendymods

Mata merupakan cahaya hati seseorang. Ungkapan cinta pun mengatakan dari mata turun ke hati. Selain itu mata merupakan pemandu lahiriah kemanapun kaki melangkah. Karena beragam manfaat inilah mata menjadi sangat berharga, baik itu kesehatannya maupun penampilan luarnya. Selain minus, salah satu yang kerap menganggu penampilam mata adalah mata panda. Sebuah frasa untuk menyebut lingkaran hitam pada mata.

Timbulnya mata panda dapat disebabkan karena beragam faktor. Salah satunya adalah benturan. Jika Anda mengalami hal serupa jangan sedikitpun menyepelekan kondisi ini. Jika mata panda terjadi karena benturan maka kondisi ini menandakan adanya jerusakan organ tubuh yang lebih berat.

Seperti yang kita ketahui bersama, area di sekitar mata terdiri dari berbagai jarngan lunak seperti jaringan ikat, jaringan lemak, saraf, pembuluh darah, otot dan yang lainnya. Perlu diketahui bahwa jaringan di area mata cukup renggang. Selain itu jaringan ikat pada mata tergolong banyak. Kedua hal ini menjadikan mata mampu menahan cairan, termasuk darah.

Jaringan mata juga dapat mengalami pembengkakan akibat peradangan yang menjadikan tampilan luarnya berubah menjadi gelap. Ditambah lagi kulit yang melapisi area ini relatif tipis. Jika ada perubahan yang terjadi di bagian bawahnya akan mudah terlihat dari luar. Termasuk si mata panda. Penanganan mata panda pun berberda-beda, tergantung pada penyebabnya. Sebagian penyebab dapat ditangani hingga tuntas, namun sebagian lainnya tidak.

Kelelahan merupakan salah satu penyebab mata panda yang sering terjadi. Saat kekurangan waktu tidur maka jaringan ikat di sekitar mata akan menahan cairan dan mata berubah menjadi sembab. Efeknya, warna kehitaman akan mengelilingi mata. Kalau penyebab mata hitam adalah kelelahan, maka dengan istirahat yang cukup kondisi ini akan hilang sengan sendirinya.

Beda kasus dengan mata panda yang disebabkan oleh alergi. Umumnya mata panda karena alergi disertai dnegan terbentuknya kantung mata. Kondisi yang disebut “allergic shiners” paling sering dialami oleh orang yang memiliki rhintitis alergi. Beberapa alergen yang dapat memicu timbulnya alergi ini adalah paparan debu atau udara dingin di pagi hari. Pembengkakan dan gelapnya area sekitar mata terjadi akibat peradangan dan pelebaran pembuluh darah sekitar area mata. Sayangnya warna kehitaman akibat alergi ini akan sulit dihilangkan.

Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Lingkaran Hitam di Bawah Mata imglop

Mata hitam juga dapat terjadi akibat trauma benda tumpul seperti terkena benturan ataupun pemukulan. Kedua hal ini dapat menyebabkan mata menjadi pembuluh darah di sekitar mata bisa robek. Akibatnya sekitar mata akan memiliki warna gelap. Jika Anda mengalami hal tersebut segera periksakan ke dokter mata. Gambaran kehitaman sekitar juga dapat diakibatkan karena patah pada tulang tengkorak yang melindungi kepala yang dikenal dengan nama racoon eye (mata rakun). Kondisi ini harus ditindaklanjuti dengan penanganan oleh dokter di instalasi gawat darurat rumah sakit.

Baca juga:

Cara Tepat Menggunakan Obat Tetes Mata

Makanan yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menghapus Riasan Mata yang Benar Bagi Pengguna Lensa Kontak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment