Produk Kecantikan yang Wajib Terlindung dari Paparan Sinar Matahari

| Posted : 14 Sep 2015 | Kecantikan No comments
Ilustrasi Make Up

Ilustrasi Make Up kikiandtea

Bagi sebagian wanita kosmetik merupakan salah satu moodboster di pagi hari. Selain itu, kosmetik tentu umumnya mampu mempercantik penampilan seseorang. Karena itulah tak jarang yang kini menganggap kosmetik sebagai salah satu kebutuhan primer. Apalagi kalau ia bekerja di sektor jasa, pegawai bank misalnya. Make up yang menarik tentu bukan lagi menjadi hal sekunder, namun merupakan salah satu hal primer yang wajib dilakukan. Tahukah Anda bahwa ada sebagian produk kosmetik yang tidak boleh terkena sinar matahari. Hmmm, apa saja ya?

Ternyata sinar matahari dapat memberikan makanan pada bakteri dalam produk kosmetik. Karena itulah Anda perlu menjaga produk kosmetik dari paparan sinar matahari, utamanya produk kecantikan yang berbentuk cair. Secara alami ada kemungkinan bahwa bakteri secara alami dapat hadir di beberapa produk kecantikan. Jumlahnya akan bertambah banyak ketika jari yang menyentuh kosmetik terpapar  bakteri.

Jika Anda mulai melihat bau baru yang tidak ada sebelumnya pada produk kosmetik, ada kemungkinan terdapat bakteri pada produk tersebut. Joanna Vargas, pemilik Eponymous Salon and Skin Care Collection juga menyebutkan hal serupa. Sinar matahari dapat merusak produk perawatan kulit. Selain bakteri dapat tumbuh, komposisi bahan pada produk juga dapat berubah.

Sinar UV dapat memecah beberapa bahan aktif yang terdapat pada kosmetik. Perlu diketahui pula bahwa kelompok antioksidan sangat rentan terhadap sinar matahari. Dr. Elizabeth Tanzi,  clinical professor di George Washington Medical Center juga memperingatkan untuk menjaga produk kecantikan Anda dari paparan sinar matahari. Ia menambahkan bahwa sinar matahari dapat menurunkan efektivitas produk. Misalnya saja pada produk yang mengandung vitamin C.

Bagitu pula dengan produk yang mengandung Retin-A. Sebuah senyawa yang memiliki sifat photo-unstable. Karena sifatnya inilah produk dengan Retin-A paling baik digunakan saat malam hari. Kini ada beberapa produk yang diformulasikan untuk digunakan pada malam hari saja, seperti whitening body lotion ataupun krim malam. Untuk mendapatkan hasil terbaik tentu Anda harus memakainya di malam hari.

Parfume

Parfume pixabay

Selain itu, sinar UV juga dapat mengubah struktur parfum. David Pirrota, pakar kecantikan dari Oliver&Co menjelaskan bahwa sinar matahari merupakan radiasi sinar UV. Banyak molekul yang digunakan dalam parfum dapat bereaksi dengan radiasi UV. Radiasi ini juga dapat mengubah aroma pada parfum Anda. Tak hanya itu, sinar matahari juga dapat menggelapkan warna parfum Anda. So, ladies, jaga kosmetikmu dari paparan sinar matahari ya!

Baca juga:

Cara Benar Mencuci Wajah Setelah Berolahraga

Bahaya Menggunakan Make Up Kadaluarsa

4 Kebiasaan Buruk Penggunaan Make Up yang Wajib Dihindari

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: stylecaster.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment