Pentingnya Menghindari Alkohol Dalam Produk Kecantikan Anda

| Posted : 18 Dec 2015 | Kecantikan No comments
Membersihkan Muka

Membersihkan Muka batsbazaar.com

Salah satu penyebab kerusakan kulit adalah terjadinya kekeringan pada kulit. Terkait dengan hal ini, ternyata salah satu penyebab terjadinya kulit kering adalah alkohol. Sayangnya alkohol masih kerap digunakan dalam beberapa produk perawatan tertentu. Salah satu keunggulan produk berbasis alkohol adalah dapat memberikan efek kesat pada wajah. Misalnya saja pada pembersih muka.

Saat mencuci muka dengan pembersih muka yang menggunakan alkohol umumnya dapat membuat wajah menjadi kesat. Selain itu produk kecantikan berbasis alkohol juga tergolong cepat mengering saat digunakan pada kulit. Meski demikian, alkohol ternyata dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah. Hal ini tentu bukan merupakan kabar yang baik. Meski terasa kesat pada awalnya, namun produksi minyak berlebih dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah.

Selain itu akibat mengeringnya lapisan kulit akibat penggunaaan produk berbahan alkohol, ternyata efeknya tidak berhenti sampai di sini. Lebih lanjut lagi alkohol ternyata dapat membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat yang dapat menyebabkan kulit menjadi keriput. Selain itu penggunaaan alkohol ditengaraidapat mengganggu kemampuan pergantian kulit secara normal.

Hand Sinitizer

Hand Sanitizer www.huffingtonpost.com

Menariknya, selain bersifat mudah kering, alkohol juga memiliki kemampuan untuk membunuh membunuh bakteri. Karena itulah alkohol kerap digunakan sebagai salah satu komposisi produk  antiseptik mulai dari sabun mandi hingga hand sanitizer. Karena mudah dibawa dan praktis untuk digunakan, hand sanitizer kerap menjadi andalan untuk membersihkan tangan sebelum makan. Padahal jika terlalu sering digunakan, hal ini dapat membuat tangan terasa lebih kering daripada biasanya.

Karena itulah sebaiknya kita membatasi diri pada berbagai produk berbahan dasar alkohol. Untuk memudahkan Anda dalam menghindari produk berbahan alkohol, ada baiknya Anda mengenali nama lain dari alkohol seperti simple alcohol, ethyl alcohol, ethanol, denatured alcohol dan juga isopropyl. Meski demikian beberapa produk berbahan alkohol seperti fatty alcohols, cetyl alcohol, cetearyl alcohol dan stearyl alcohol masih dapat digunakan karena tidak menyebabkan iritasi ataupun berbagai hal lain yang berbahaya bagi kulit.

Baca juga:

4 Kebiasaan Buruk Penggunaan Make Up yang Wajib Dihindari

Bahaya Menggunakan Make Up Kadaluarsa

Cara Lembut Menghapus Make Up, Maskara dan Waterproof Eyeliners

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: stylecaster.com dan www.suaramerdeka.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment