Manfaat Probiotik untuk Perawatan Kulit

| Posted : 30 Nov 2015 | Kecantikan No comments
Produk Kecantikan Hasil Fermentasi

Produk Kecantikan Hasil Fermentasi dnaindia

Karena manfaatnya untuk kesehatan pencernaan, produk probiotik banyak digemari masyarakat luas. Probiotik merupakan sebutan produk yang mengandung bakteri baik, tidak terkecuali dengan aneka produk makanan ataupun minuman yang banyak dikonsumsi setiap hari. Di Indonesia kita mengenal asinan buah, di Korea ada kimchi sedangkan di Amerika terdapat pickel yang tidak lain merupakan asinan yang dibuat dari ketimun mini.

Seiring dengan perkembangan jaman, berbagai minuman pun dikembangkan dengan mengambil manfaat dari bakteri baik ini. Susu fermentasi misalnya. Selain dapat dibuat minuman sehat, susu juga dapat diolah menjadi produk lainnya seperti keju. Selain baik untuk kesehatan pencernaan sehingga dapat melancarkan buang air besar, ternyata probiotik juga memberi manfaat yang baik untuk kulit.

Sudah sejak lama, bakteri baik dalam probiotik dikenal sebagai cara yang efektif sebagai benteng pertahanan saat terjadi peradangan di dalam tubuh. Bahkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa produk probiotik juga mampu mencegah peradangan dalam saluran perncernaan. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini bakteri baik ini juga digunakan sebagai salah satu komponen produk perawatan kulit.

Terkait hal ini, probiotik ternyata kondisi asam produk probiotik dalam produk perawatan kulit juga menawarkan manfaat yang cukup mengagumkan bagi kesehatan kulit. Selain mampu membatasi pertumbuhan mikroorganisme serta menjadi zat anti inflamasi, probiotik juga dapat mengurangi kondisi kering pada kulit serta memiliki efek anti penuaan dini. Dalam hal ini, probiotik bertindak seperti perisai pelindung yang ada pada permukaaan kulit.

Ilustrasi Produk Probiotik

Ilustrasi Produk Probiotik naturallyyouskincare.com

Terkait hal ini, produk probiotik sangat bermanfaat bagi orang yang sedang berusaha menyembuhkan wajah dari jerawat atau kondisi kemerahan pada wajah yang dikenal dengan nama rosacea. Bagaimanapun jerawat erat kaitannya dengan kondisi peradangan kulit wajah. Dan kondisi radang pada wajah ini dapat ditangkal oleh bakteri baik dalam probiotik.

Salah satu komposisi bakteri baik yang banyak digunakan adalah Lactobacillus. Bakteri yang masuk dalam golongan bakteri asam laktat ini dapat menjadi salah satu bahan aktif untuk meningkatkan produksi sel baru serta mendorong proses penyembuhan kulit. Kini produk kecantikan berbahan probiotik sedang menjadi trend perawatan kulit. Salah satu negara yang banyak memanfaatkan produk fermentasi adalah negeri ginseng, Korea Selatan.

Baca juga:

Komposisi Produk Perawatan Kulit yang Wajib Diketahui

Yang Perlu Diketahui Tentang Kulit Sensitif

Manfaat Vitamin B dan Turunannya untuk Mengurangi Resiko Kanker Kulit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: stylecaster.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment