Manfaat Madu untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

| Posted : 24 Jan 2015 | Kecantikan No comments
Madu

Madu www.facebook.com

Madu adalah salah satu bahan pangan yang dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kecantikan kulit. Dengan beragam manfaatnya, kini berkembang beragam brand madu yang beredar di pasaran. Mulai dari produk lokal hingga produk luar negeri ada di Indonesia. Harganya pun relatif mahal, apalagi yang diklaim sebagai madu murni. Umumnya madu dipatok pada harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung jenis madu.

Di pasar Indonesia sendiri terdapat beragam jenis madu. Secara kasat mata terdapat dua jenis madu yang umum dijual di Indonesia. Pertama madu yang telah disaring sehingga hanya menyisakan cairan saja dan yang kedua adalah madu sarang, jenis yang masih menyisakan sarang lebah. Mau pilih yang mana, seleralah yang menentukan. Biasanya harga madu cair relatif lebih murah dibandingkan dengan madu sarang.

Selain enak dikonsumsi secara langsung, madu juga cocok ditambahkan pada minuman hingga beragam jenis roti. Dibalik rasa lezat produk yang dihasilkan oleh lebah madu, ternyata juga menawarkan beragam manfaat bagi kecantikan kulit. Pertama madu dikenal sebagai pelindung kulit. Kandungan antioksidan, anti jamur serta anti mikroba pada madu dapat menyembuhkan luka bintik-bintik merah dan melawan infeksi kulit. Sebagai anti oksidan alami, madu dapat melindungi organ internal dari jenis kerusakan yang disebut stres oksidatif, sebuah keadaan dimana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Menariknya lagi, madu juga efektif sebagai pelindung dari kerusakan akibat sinar matahari.

Madu Sarang

Madu Sarang www.facebook.com

Dilansir dari klikdokter.com, penelitian dari New Zealand Dermatological Sosiecty menyatakan bahwa susunan kimiawi pada madu, terutama gula memiliki osmolalitas tinggi sehingga membuat mikroorganisme tidak bisa berkembang. Zat pemanis pada madu juga dapat memproduksi hidrogen peroksida ketika bersentuhan dengan cairan dari luka ataupun borok. Hal inilah yang menjadikan madu memiliki sifat anti bakteri yang dapat mempercepat penyembuhan.

Tak hanya itu, madu juga dikenal sebagai pelembab kulit. Senyawa humektan yang terkandung di dalam madu mampu merawat kulit yang kering. Namun demikian, manfaat madu tetap dapat diakses oleh mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Ini tidak lain karena zat pemanis dari madu dapat membantu mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit. Tertarikkah Anda untuk mencobanya?

Baca juga:

Makanan yang Baik untuk Kulit

Cara Benar Membersihkan Wajah

Aneka Manfaat Susu Kedelai Bagi Anak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: meetdoctor.com dan klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment