Manfaat Dry Brushing Bagi Kesehatan Kulit

| Posted : 19 Feb 2016 | Kecantikan No comments
Dry Brushing

Dry Brushing zaxhealth.com

Trend dalam dunia kecantikan akan senantiasa berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang sedang terjadi. Salah satu yang kini menjadi trend lagi adalah penggunaan teknik dry brushing. Dry brushing merupakan cara membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan tubuh. Sesuai dengan namanya, teknik dry brushing dilakukan saat kulit dan sikat dalam keadaan kering.

Dry brushing umum dilakukan untuk membersihkan beberapa bagian tubuh seperti paha, pantat, lengan ataupun punggung. Jangan bayangkan sikat untuk proses dry brushing ini mirip dengan sikat untuk mencuci baju ya. Bulu sikat untuk dry brushing bertekstur lembut, tidak seperti bulu sikat yang biasa digunakan untuk mencuci baju. Bulu sintetis yang bertekstur kaku dapat menyebabkan iritasi ataupun luka.

Karena itulah salah satu yang perlu diperhatikan saat membeli dry brushing adalah kualitas bulu sikat. Dibandingkan dengan bulu seintetis, tentu saja bulu alami yang ultra halus akan lebih lembut saat menyentuh kulit. Dengan tekstur bulu sikat yang demikian, penggunaan dry brushing tidak merusak kulit, namun dapat memberikan kesegaran pada kulit. Hilangnya kotoran dari permukaan kulit juga akan membuat kulit terasa lebih lembut.

Meski baru ada sedikit penelitian terkait klaim penggunaan dry brushing untuk mengatasi selulit, namun alat ini ditengarai menawarkan beragam manfaat bagi dunia kecantikan. Mona Gohara, MD, seorang dermatologis dari Yale School of Medicine mengatakan bahwa gerakan saat menggunakan dry brushing dapat meningkatkan sirkulasi serta membantu membuang limbah dan racun dengan cara merangsang simtem limfatik. Hal ini dapat membuat kulit menjadi cerah dan bercahaya.

Dry Brushing

Dry Brushing www.hellawella.com

Selain itu kelebihan penggunaan dry brushing juga terletak pada unsur pengelupasan yang terjadi pada kulit. Hal ini turut membantu menghilangkan kulit kering, sel kulit mati yang akan membuat kulit menjadi mudah menyerap kelembapan. Meski terdengar sepele, namun pengelupasan kulit akan membuat kulit menjadi sehat dan tampak lebih muda.

Teknik dry brushing kerap dilakukan sebelum mandi, saat kulit masih dalam keadaan kering. Meski menawarkan banyak manfaat, perawatan ini tidak cocok untuk jenis kulit sensitif, berjerawat atau yang mengalami rosacea ataupun eksim lho! Selamat mencoba!

Baca juga:

Cara Sederhana Menyamarkan Selulit

Manfaat Putih Telur untuk Stretch Mark

Klasifikasi Selulit pada Kulit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: news.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment