Makanan yang Akan Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sinar Ultraviolet

Sinar Ultraviolet cdc.gov

Bagi sebagian orang, utamanya yang memiliki banyak pigmen pada kulitnya umumnya kurang menyukai paparan sinar matahari. Bagaimanapun juga ultraviolet (UV) yang terkandung dalam sinar matahari dapat memberikan efek negatif bagi kulit. Meski terdengar aneh, namun ternyata ada beberapa makanan yang dapat memberikan perlindungan terhadap sinar matahari. Penasaran bukan? Intip segera info selengkapnya di sini!

Meski tidak sebaik tabir surya ataupun busana, namun tetap saja makanan-makanan ini menawarkan komponen yang sangat bermanfaat bagi kulit. Apalagi kesehatan kulit kerap terganggu dengan adanya paparan sinar matahari, stres ataupun karena paparan lingkungan sekitar. Meski demikian, terganggunya kesehatan kulit juga erat kaitannya dengan beragam co-factor seperti durasi paparan, warna alami kulit, intensitas matahari dan yang lainnya. Karena hal inilah Anda tetap membutuhkan perlindungan eksternal, salah satunya dapat diperoleh dari makanan.

Salah satu contoh makanan yang patut dicoba adalah makanan yang vitamin yang kaya antioksidan. Seperti yang diketahui bersama, antioksidan dapat membantu mengurangi radikal bebas yang disebabkan oleh oleh paparan sinar matahari atau radiasi UV. Untuk melindungi kulit Anda, dapat dicoba untuk mengkonsumsi stroberi yang tinggi vitamin C, semangka dan tomat yang kaya lycopene, almond yang menawarkan kandungan vitamin E yang tinggi dan wortel serta ubi jalar yang kaya beta karoten.

Tak hanya itu, ikan kakap merah dan salmon juga mengandung asam omega 3 yang membantu mengeliminasi radikal bebas dari tubuh. Konsumsi omega 3 harian juga dapat diperoleh dari suplemen yang banyak tersedia di apotek. Kaldu tulang juga menjadi bahan yang direkomendasikan. Selain dapat menjadikan rasa sup semakin lezat, kaldu tulang juga kaya akan kolagen dan gelatin. Kedua bahan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan kulit.

Meski demikian, tidak ada hal yang instan. Semua ada prosesnya. Perlu diketahui pula bahwasanya tubuh juga tidak menyimpan elemen nutrisi tersebut dalam waktu yang lama. Karena itulah konsumsi dalam batas wajar tetap diperlukan. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dan pakaian pelindung lainnya!

Kaldu Tulang

Kaldu Tulang hemsleyandhemsley

Baca juga:

Mengatasi Kulit Kering di Musim Dingin

Mengenal Eksofilasi, Cara Menghilangkan Kulit Mati

Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan Kulit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: dailymakeover.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment