Fakta Seputar Produk Pemutih yang Perlu Anda Ketahui

| Posted : 14 Sep 2015 | Kecantikan No comments
Kulit Putih

Kulit Putih pixabay

Meski berada di negara tropis, namun sebagian wanita di Indonesia tentu ada yang mengidamkan kulit putih layaknya wanita Korea atau Jepang. Karena itulah produk perawatan kulit yang ditengarai mampu memutihkan kulit cukup mendapat respon yang baik di masyarakat. Ada begitu banyak produk pemutih yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Mulai dari sabun, body lotion, masker hingga serum aneka harga.

Satu yang perlu diketahui, meski terdengar sama yaitu golongan pencerah, namun brightening, whitening dan lightening ternyata berbeda lho! Aktivitas brightening dilakukan dengan menggunakan vitamin C. Sedangkan proses whitening dilakukan dengan pemutih dan bahan kimia lainnya. Terakhir yaitu proses lightening dilakukan dengan laser yang bertujuan untuk mengangkat pigmentasi di bawah kulit. Jadi jangan sampai salah mengerti ya ladies!

Sayangnya istilah pencerah juga tidak hanya identik dengan proses brightening, whitening dan lightening saja. Masih ada yang dikenal dengan nama bleaching. Proses ini dilakukan dengan produk yang mengandung komposisi bahan yang “keras”. Bisa jadi bahan ini dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Karena itulah Janel Luu, CEO Le Mieux Cosmetics, Inc berpendapat bahwa lightening treatment merupakan perawatan pemutihan yang lebih aman karena hanya menggunakan bahan pengelupas kulit yang ringan.

Lulu menambahkan bahwa kondisi warna kulit yang tidak merata atau hiperpegmentasi terjadi akibat produksi melanin yang berlebih. Melanin bertanggungjawab atas beberapa hal, seperti warna kulit dan rambut seseorang. Selain itu melanin juga dikenal sebagai pelindung kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV)  dan penyerapan panas sinar matahari. Namun demikian perlu diketahui juga bahwa sinar matahari merupakan penyebab utama terjadinya kondisi kulit yang tidak merata, melasma hingga bintik-bintik hitam.

Kulit Putih

Kulit Putih pixabay

Jika Anda membeli produk perawatan kulit wajah, pastikan Anda melihat komposisinya. Salah satu komposisi yang wajib Anda waspadai adalah kandungan merkuri. Jadi apapun produk yang dibeli, pastikan produk tersebut bebas dari bahan mercurous chloride, calomel, mercuric, mercurio ataupun mercury. Satu lagi, hindari produk yang tidak menyertakan label pada kemasannya. Jika membeli produk asing, carilah yang menyertakan komposisi dengan bahasa yang Anda mengerti. See?

Baca juga:

Cara Benar Mencuci Wajah Setelah Berolahraga

Bahaya Menggunakan Make Up Kadaluarsa

4 Kebiasaan Buruk Penggunaan Make Up yang Wajib Dihindari

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: stylecaster.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment