Agar Nyaman Saat Menggunakan Gigi Tiruan

| Posted : 10 Jul 2015 | Kecantikan No comments
Orang Lanjut Usia

Orang Lanjut Usia denturefinancing

Bagi pengguna gigi tiruan tentu mendambakan gigi tiruan yang nyaman, baik saat berbicara ataupun makan. Sebaik-baiknya gigi tiruan, tentu terdapat ketidaknyamanan saat pertama kali pemakaian. Meski telah dibuat sebaik mungkin, mungkin ada yang mengalami gigi tiruan yang terasa longgar. Baru setelah beberapa minggu, otot yang terdapat pada pipi dan lidah mulai beradaptasi sehingga lebih nyaman saat pemakaian.

Pemakaian gigi tiruan juga dapat menimbulkan luka akibat terjadinya gesekan antara gigi tiruan. Selain itu ada pula kemungkinan produksi air ludah terasa lebih banyak. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir, kondisi ini akan mereda seiring dengan berlalunya masa adaptasi pada gigi tiruan itu sendiri.

Hal lain yang dapat timbul setelah pemakaian gigi tiruan adalah timbulnya rasa kurang percaya diri. Apalagi jika bertemu dengan orang yang telah dikenal. Namun demikian, perlu diketahui bahwasanya gigi tiruan telah dirancang khusus agar menyerupai bentuk alami gigi manusia. Ada juga lho yang terlihat lebih cantik ataupun tampan setelah memakai gigi tiruan.

Setelah proses pemasangan, Anda tetap dapat melakukan beragam kegiatan, termasuk berbicara dan makan. Saat berbicara ada kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan mengucapkan kata-kata tertentu. Namun seiring berjalannya waktu, Anda dapat berlatih hingga dapat berbicara dengan baik.

Selain bicara, Anda mungkin merasakan ketidaknyamanan saat pertama kali makan. Proses adaptasi pemakaian gigi tiruan dapat berlangsung hingga beberapa minggu. Selama proses adaptasi akan disarankan untukĀ  mengkonsumsi makanan empuk yang dipotong kecil. Ketika sudah mulai terbiasa dengan gigi tiruan, Anda dapat kembali pada pola makan normal. Namun demikian, Anda tetap wajib berhati-hati pada makanan yang keras, lengket ataupun terlalu panas.

Gigi tiruan juga memerlukan perawatan layaknya gigi asli. Jika tidak digunakan, gigi tiruan harus direndam dengan cairan khusus ataupun air hangat. Hal ini berlaku bagi mereka yang menggunakan gigi tiruan yang bisa dilepas secara mandiri. Setelah direndam dan dicuci barulah gigi tiruan dapat dipakai. Umumnya merendam gigi dilakukan saat malam hari.

Perawatan selanjutnya adalah membersihkan gigi palsu. Pembersihan gigi palsu dilakukan dengan cara menggosoknya dengan sikat gigi berbulu halus atau sikat khusus. Setelahnya, oleskan sabun khusus dan air hangat. Karena bersifat mengikis gigi tiruan, hindari mencuci gigi tiruan dengan pasta gigi atau deterjen ya!

Gigi Tiruan Parsial

Gigi Tiruan Parsial streelmandds

Untuk meminimalisir resiko jatuh saat dibersihkan, Anda dapat melapisi meja di dekat tempat mencuci dengan handuk. Selain itu Anda dapat mencucinya di wadah yang berisi air. Karena gigi tiruan juga membutuhkan perhatian yang lebih, jangan lupa untuk melakukan kontrol pada pihak medis yang dipercaya ya! Selain untuk melihat kelayakan gigi tiruan yang digunakan, kontrol ke dokter gigi juga berfungsi untuk mengetahui kesehatan gigi dan mulut.

Baca juga:

Sinyal Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi

Dampak Buruk Menggigiti Kuku

Manfaat Menunda Menyikat Gigi

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.alodokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment