Stretch Marks dan Cara Mengatasinya

| Posted : 07 May 2015 | Ibu dan Anak, Kecantikan No comments
Ilustrasi Stretch Marks

Ilustrasi Stretch Marks pediatricsconsultantlive

Meski stretch marks cukup identik dengan ibu hamil, namun remaja juga dapat mengalami hal yang sama. Hal ini tidak lain karena stretch marks merupakan bagian normal dari masa pubertas remaja. Stretch marks dapat terjadi ketika seseorang mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Ketika kulit yang ditarik oleh pertumbuhan yang sangat cepat maka dapat terjadi garis-garis halus yang dikenal dengan nama stretch marks. Meski kulit memiliki sifat elastis, namun ketika terjadi pertumbuhan berlebih maka produksi normal kolagen dalam tubuh akan terganggu. Kolagen merupakan protein utama pembentuk jaringan ikat pada kulit.

Pada kebanyakan gadis atau wanita, stretch marks cenderung muncul pada bagian-bagian tertentu seperti payudara, paha, pinggul dan juga pantat. Meski identik dengan kaum hawa, namun laki-laki juga bisa memiliki stretch marks. Terutama bagi mereka yang mengalami pertumbuhan sangat cepat ketika memasuki fase pubertas. Tak heran jika orang yang mengalami obesitas sering mmeiliki stretch marks pada beberapa bagian tubuhnya. Stretch marks juga dapat muncul pada binaragawan yang mengalami perubahan secara cepat pada tubuhnya. Selain itu stretch marks juga dapat muncul pada seseorang yang menggunakan steroid seperti hydrocortisone selama lebih dari beberapa minggu ataupun yang menggunakan oral corticosteroids dalam jangka waktu satu bulan atau lebih.

Jika Anda mengkhawatirkan masalah kulit yang satu ini, kenalilah dulu tanda-tanda munculnya stretch marks berikut ini. Awal munculnya stretch marks ditandai dengan garis kemerahan ataupun keunguan yang muncul di permukaan kulit. Tanda ini tentu memiliki tekstur yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Menariknya, tanda ini bisa memudar atau bahkan terlihat hampir hilang. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi stretch marks.

Ilustrasi Stretch Marks

Ilustrasi Stretch Marks momjunction

Pertama Anda dapat menutupinya dengan menggunakan make up. Pilih saja make up yang sesuai dengan kulit Anda. Meski kini banyak produsen make up yang memproduksi waterproof make up, namun jika Anda melakukan banyak aktivitas di dalam air maka cara ini bukanlah menjadi solusi terbaiknya. Jika Anda memiliki stretch marks di bagian dada, saat ingin berenang pilihlah baju renang yang menutup hingga ke bagian leher. Cara ini cukup ampuh untuk menyembunyikan stretch marks. Anda juga dapat menggunakan krim khusus penghilang stretch marks yang kini banyak tersedia di pasaran. Selain itu, Anda dapat mengkonsultasikan masalah stretch marks Anda dengan dokter kulit yang dipercaya. Bye-bye stretch marks!

Baca juga:

Klasifikasi Selulit pada Kulit

Waspadai Bahaya Sinar Matahari Bagi Kulit Manusia

Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: kidshealth.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment