Seluk-Beluk Susu UHT

Susu UHT

Susu UHT forums.anandtech.com

Susu UHT merupakan salah satu jenis susu yang banyak digemari masyarakat luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Pasalnya susu UHT ini merupakan jenis susu yang paling praktis untuk dikonsumsi kapan saja ataupun dibawa kemana saja. Baikkah jenis susu ini untuk si kecil? Yuk kenalan lebih jauh lagi!

Nama UHT sendiri merupakan kependekan dari ultra high temperature. Sesuai dengan namanya, susu ini diberi perlakukan khusus yaitu dipanaskan pada suhu tinggi (135 – 145° C) selama dua detik. Proses pemanasan ini bertujuan untuk membunuh mikroorganisme yang ada pada susu mentah. Singkatnya waktu pemanasan dilakukan untuk mencegah kerusakan  kandungan gizi yang terdapat pada susu. Selain itu, hal ini juga dimaksudkan agar citarasa susu tersebut relatif sama segarnya dengan susu segar.

Usai dipanaskan susu ini akan dikemas dalam tempat kedap udara. Selain ditempatkan dapam botol plastik, jenis susu UHT kerap dikemas menggunakan karton kedap udara. Dengan proses yang demikian panjang, susu UHT dapat disimpan dalam waktu yang cukup panjang. Meski tidak disimpan di dalam almari pendingin, daya simpan susu ini mencapai 6 hingga 10 bulan. Namun untuk menambah kenikmatan, Anda dapat menyimpannya dalam almari pendingin.

Kini beragan varian rasa susu UHT dapat dengan mudah ditemui di pasaran, mulai dari supermarket besar hingga toko kelontong. Harga yang ditawarkan pun terjangkau untuk semua kalangan. Selain memperhatikan tanggal kadaluarsa, pastikan kemasan susu UHT yang akan dibeli dalam keadaan baik. Kemasan yang rusak bisa merusak kualitas susu yang ada di dalamnya.

Menariknya lagi, dalam susu UHT tidak mengandung bahan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi, bahkan untuk si kecil sekalipun. Meski demikian perlu diketahui bahwasanya jenis susu UHT direkomendasikan untuk diberikan saat anak berusia 12 bulan. Saat bayi, peran ASI tidak tergantikan oleh jenis susu apapun.

Susu UHT

Susu UHT www.motherinc.org

Selain usia, jumlah konsumsi susu UHT pun perlu diperhatikan. Konsumsi susu UHT yang bisa diberikan pada si kecil berkisar antara 2 hingga 3 gelas saja, dimana 1 gelas susu setara dengan 250 ml. Tentu saja hal ini perlu disesuaikan dengan kemampuan anak. Pembatasan pemberian susu UHT pada anak perlu dilakukan agar tidak mengurangi porsi makan anak untuk mengkonsumsi jenis makanan sehat lainnya.

Untuk kualitas terbaik, sebaiknya susu yang dibuka segera dihabiskan. Pada suhu ruang, susu UHT yang telah dibuka hanya dapat bertahan selama beberapa jam saja. Jika ingin menyimpannya, susu UHT harus disimpan dalam lemari pendingin bersuhu 4°C. Meski demikian, saat disimpan di lemari es, susu UHT hanya dapat bertahan selama 3 atau 4 hari saja. Tertarik mencoba?

Baca juga:

Tips Mengenali Alergi Susu Sapi pada Buah Hati

Baik Mana Antara Susu Sapi atau Susu Kambing?

Mengenal Beragam Jenis Susu

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: health.detik.com, health.kompas.com, www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment