Mengenal Beragam Jenis Susu

Susu UHT

Susu UHT sig.biz

Seperti yang telah diketahui bersama, susu merupakan salah satu mimumnan lezat yang kaya akan manfaat. Rasanya yang nikmat membuatnya digemari hingga lintas usia, mulai dari anak-anak, dewasa bahkan rang tua sekalipun. Namun tahukah Anda ternyata jenis susus ada bermacam-macam lho! Apa saja kiranya? Intip bersama yuk!

Pertama ada susu UHT. Susu ini merupakan salah satu susu favorit banyak orang. Selain mudah didapat, susu jenis ini sangat praktis dibawa kemana-mana. UHT sendiri merupakan kepanjangan dari ultra high temperature. Sesuai dengan namanya, susu jenis ini dipanaskan pada suhu tinggi (140° C) selama dua detik lalu dimasukkan dalam karton kedap udara. Ada lagi susu pasteur. Jenis susu yang telah melalui proses pasteurisasi atau pemanasan pada suhu 65 hingga 85°C selama 15 detik. Proses ini dilakukan untuk membunuh bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit.

Selanjutnya ada susu full cream. Susu ini banyak tersedia di pasar Indonesia. Selain mengandung komposisi lemak sebesar 4%, umumnya susu full cream mengandung banyak vitamin A dan D. Ada juga susu low fat atau susu rendah lemak. Sesuai dengan namanya, kandungan lemak susu jenis ini hanya setengah dari kandungan lemak susu full cream. Ada lagi susu yang memiliki kandungan lemak sangat sedikit. Namanya susu skim. Kandungan lemak susu skim bahkan kurang dari 1% saja lho!

Selain itu masih ada susu CLA atau conjucated linoleic acid. Sebuah jenis susu ini akan membantu dalam pembentukan otot dan mempercepat pembakaran lemak. Susu ini bermanfaat bagi mereka yang ingin merampingkan tubuh. Ada juga jenis susu calcium enriched. Sesuai dengan namanya. Susu jenis ini telah mengalami penambahan kalsium. Selain itu kadar lemak calcium enriched juga telah dikurangi.

Susu Flavoured

Susu Flavoured 3 sayyes

Ada lagi yang dikenal dengan susu evaporasi. Susu jenis ini sebagian airnya telah diuapkan sehingga tekstur susunya menjadi lebih kental. Susu evaporasi mirip dengan susu kental manis, hanya saja rasanya tidak manis tetapi tawar. Terakhir ada susu flavoured. Sebenarnya susu jenis ini adalah susu full cream atau low fat, hanya saja ditambahkan berbagai pilihan rasa seperti cokelat, strawberry dan yang lainnya. Karena penambahan rasa ini umumnya susu flavoured memiliki kandungan gula yang lebih banyak.

Baca juga:

Panduan Memerah Air Susu Ibu (ASI) yang Benar

Lama Maksimal Penyimpanan Air Susu Ibu (ASI)

Aneka Manfaat Susu Kedelai Bagi Anak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment