Baik Mana Antara Susu Sapi atau Susu Kambing?

Susu

Susu pixabay

Susu merupakan salah satu minuman favorit sebagian masyarakat dunia. Selain dijadikan minuman segar, susu juga kerap disajikan bersama dengan sereal ataupun menjadi salah sartu komposisi dalam pembuatan suatu makanan. Ada beberapa sumber penghasil susu, seperti sapi, kambing ataupun kedelai. Konsumen tinggal memilih jenis susu mana yang sesuai dengan selera. Meski terkesan sepele,  namun belum tentu banyak yang tahu perbedaan antara susu sapi dan susu kambing. Kira-kira lebih baik yang mana ya?

Salah satu susu yang banyak dijual di pasaran adalah susu sapi. Jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari full cream, UHT, susu flavoured dan yang lainnya. Pada dasarnya susu sapi mengandung lebih sedikit kalori dibandingkan dengan susu kambing. Satu cangkir susu sapi mengandung 168 kalori, 19 kalori lebih sedikit dari susu kambing. Sayangnya, susu sapi lebih sulit untuk dicerna.

Perlu diketahui bahwasanya susu sapi mengandung gula yang disebut laktosa. Bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa akan mengalami kesulitan dalam mencerna laktosa. Satu yang perlu diketahui, ternyata sekitar 60% orang di dunia mengalami intoleran terhadap laktosa. Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing memiliki kandungan laktosa yang lebih sedikit.

Meski demikian, bagi sebagian orang susu sapi cenderung lebih disukai. Selain mudah didapatkan dan pilihan rasa serta jenisnya pun terbilang cukup lengkap, harga susu sapi  pun dibanderol lebih murah dari harga susu kambing. Susu UHT misalnya. Kemasan kecil bisa didapatkan dengan harga di bawah 5 ribu rupiah. Untuk susu sapi cair langsung minum, kini pilihannya pun semakin banyak. Hanya degan 20 ribu rupiah saja Anda dapat menikmati beberapa gelas susu sapi cair.

Susu

Susu pixabay

Satu yang wajib diketahui, meski lebih mahal, jika dibandingkan dengan susu sapi ternyata susu kambing menawarkan kandungan kalsium yang lebih banyak. Selain itu satu cangkir susu kambing menawarkan kandungan gula sebesar 11 gram saja. Lebih kecil satu gram dibandingkan dengan susu sapi. Meski sama-sama baik, pilihan yang bijak tetap ada di tangan Anda. Mau pilih yang mana, tentu wajib disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Baca juga:

 Panduan Memerah Air Susu Ibu (ASI) yang Benar

Lama Maksimal Penyimpanan Air Susu Ibu (ASI)

Aneka Manfaat Susu Kedelai Bagi Anak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment