Tujuh Manfaat Minyak Kelapa

| Posted : 27 Nov 2013 | Gizi dan Makanan No comments

Coconut oil for alternative therapy; Shutterstock ID 91471028; PO: The Huffington Post; Job: The Huffington Post; Client: The Huffington Post; Other: The Huffington PostSelama ini Anda mungkin mengenal minyak kelapa untuk memasak atau minyak urut bayi. Sebenarnya, minyak yang terbuat dari buah kelapa itu memiliki beberapa manfaat lain, baik untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh.

Coconut oil alias minyak kelapa sering dihindari karena kandungan lemak jenuhnya. Tetapi sebenarnya lemak jenuh dalam minyak kelapa memiliki manfaat untuk kesehatan. Lemak dalam minyak kelapa tergolong asam lemak rantai menengah atau medium chain fatty acids yang baik untuk jantung. Lemak utama dalam minyak kelapa disebut lauric acid yang bermanfaat untuk meningkatkan HDL.

Khasiat asam lemak rantai menengah seperti triglycerides yang terkandung dalam minyak kelapa sudah dilakukan sejak tahun 1950-an. Penelitian kesehatan tersebut menunjukan bahwa medium chain fatty acids bersifat antivirus, antibakteri, dan antijamur. Karakter tersebut membuat minyak kelapa kerap dimanfaatkan untuk melemahkan mikroorganisme berbahaya termasuk bakteri, jamur, dan virus.

Beach OasisSebuah rumah sakit di Iran bahkan memberikan bukti nyata minyak kelapa sebagai antiracun. Dalam kasus percobaan bunuh diri, seorang pria mencoba meminum pestisida yang mengandung aluminum phosphide. Tim dokter di salah satu negara Timur Tengah tersebut berhasil menyelamatkan sang pria dengan memberikan kombinasi charcoal, sodium bicarbonate, magnesium sulphate, dan minyak kelapa.

Dalam bidang kecantikan, minyak kelapa sering dimanfaatkan sebagai pelembab alami untuk kulit. Sifat antibakteri dan antivirus dalam coconut oil membuat minyak tersebut kerap dipakai untuk membantu menyembuhkan luka.

Bila menginginkan rambut sehat, Anda juga dapat memanfaatkan minyak kelapa, seorang ahli kesehatan rambut bernama Dr. Group menyatakan bahwa minyak kelapa baik digunakan sebagai produk perawatan rambut. Minyak kelapa memiliki kandungan molecular weight yang rendah dengan rantai linier yang lurus. Kandungan tersebut sangat menyehatkan rambut serta mudah diserap. Molecular weight juga efektif mencegah rambut kehilangan protein.

48 CoconutBliss_IceCream-Parker01-small-03Minyak kelapa menjadi salah satu alternatif bagi penggemar es krim namun takut gemuk. Minyak yang menggunakan buah kelapa sebagai bahan baku tersebut dapat digunakan sebagai pengganti lemak susu dalam pembuatan es krim. Minyak tersebut memiliki konsistensi krim seperti es krim pada umumnya. Es krim yang menggunakan minyak kelapa juga akan terasa berbeda karena memiliki sedikit rasa gurih kelapa.

Bagi yang memiliki bayi, tentu tidak akan meupakan minyak yang satu ini. Minyak kelapa telah lama dipercaya sebagai media pijat alami untuk bayi. Penelitian yang dipublikasikan dalam www.ncbi.nlm.nih.gov bahkan menyatakan bahwa memijat bayi dengan minyak kelapa setiap hari dapat meningkatkan berat badan serta mendukung pertumbuhan bayi.

Baca juga :

Madu, Manis dan Kaya Manfaat

6 Makanan Tradisional Dunia yang Kaya Probiotik

Tempe, Sumber Protein Asli dari Negeri Sendiri

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

SumberĀ :

dailyhealthpost.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment