Pemanis Buatan Yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

| Posted : 20 Feb 2016 | Gizi dan Makanan No comments
Ilustrasi Pemanis Buatan

Ilustrasi Pemanis Buatan dailyburn.com

Pemanis ataupun makanan manis kerap ditengarai sebagai salah satu faktor utama terjadinya penyakit gula atau yang dikenal luas dengan sebutan diabetes. Karena itulah banyak cara dilakukan untuk meminimalisir datangnya diabetes. Terkait hal ini, mungkinkah penderita diabetes memakan makanan manis? Penasaran? Yuk simak penjelasan selengkapnya!

Sejatinya pemanis buatan merupakan salah satu strategi yang dapat dimanfaatkan oleh para penderita dabetes. Pasalnya pemanis buatan ini umumnya mengandung jumlah kalori yang lebih rendah. Seperti yang telah banyak dikatahui, gula alami seperti gula tebu, fruktosa, madu ataupun gula batu tentu mengandung sejumlah karbohidrat. Kandungan karbohidrat inilah yang dapat meningkatkan gula darah penderita diabetes.

Berbeda dengan gula alami yang berkalori tinggi, pemanis buatan seperti isomalt, manitol, sorbitol dan xylitol merupakan jenis pemanis buatan dengan kalori yang telah dikurangi. Dengan demikian lonjakan gula darah saat mengkonsumsi pemanis ini tidak akan setinggi gula alami. Berbeda lagi dengan pemanis rendah kalori. Jenis pemanis ini tidak mengandung kalori sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah seseorang, bahkan penderita diabetes sekalipun.

Terkait hal ini, Food and Drug Administration juga telah membuktikan bahwa penggunaan pemanis rendah kalori ini aman untuk digunakan. Bahkan American Diabetes Association juga merekomendasikan penggunaan pemanis buatan. Terlebih lagi, pemanis buatan dapat digunakan untuk membuat beragam makanan, baik yang dingin ataupun panas. Meski demikian, selain bijak memilih, Anda juga perlu mengkontrol asupan gula tambahan yang dikonsumsi sehari-hari.

Ilustrasi Pemanis Buatan

Ilustrasi Pemanis Buatan www.wakingtimes.com

Untuk memastikan jenis pemanis buatan yang terdapat pada makanan kemasan, mau tidak mau konsumen harus membaca komposisi makanan, khususnya di bagian karbohidrat. Selain melihat jenis, Anda juga dapat memperoleh informasi terkait jumlah dan kandungan kalori yang dimiliki.

Produk tanpa tambahan gula misalnya. Produk tanpa gula tambahan berarti selama proses pembuatannya tidak dilakukan penambahan gula, Akan tetapi bahan alami yang kemungkinan sudah mengandung gula. Misalnya saja fruktosa yang terkandung dalam jus buah. Tentu hal ini berbeda dengan label all natural, dimana bahan ini hanyamengandung pemanis alami seperti gula ataupun gula alkohol. Apapun pilihannya, jangan lupa untuk mengontrol kadar gula harian Anda!

Baca juga:

Gejala Diabetes Tipe 2 yang Mengejutkan

Tips Liburan Bagi Traveller Penderita Diabetes

Mengenal Komplikasi yang Dapat Terjadi Akibat Penyakit Diabetes

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.tanyadok.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment