Menengok Manfaat Minyak Alga yang Mendunia

| Posted : 19 Dec 2015 | Gizi dan Makanan No comments
Algae Kering

Algae Kering www.outsideonline.com

Kini berbagai komoditi laut seakan menjadi primadona, baik dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Rumput laut misalnya. Selain menjadi camilan lezat seperti pecel dan keripik, kini rumput laut banyak juga digunakan campuran dalam berbagai produk kecantikan. Selain rumput laut, kini beragam manfaat alga juga tengah menjadi perbincangan hangat di berbagai media. Berikut informasi selengkapnya!

Alga yang dulunya bukan merupakan komoditi laut yang diperhitungkan kini berubah menjadi salah satu kekayaan laut yang banyak dicari. Utamanya setelah alga berhasil dijadikan produk baru bernama minyak alga. Alga memerlukan beragam proses sebelum dikemas menjadi minyak alga. Seperti halnya minyak kelapa, minyak alga ternyata juga mengandung jenis lemak yang baik untuk tubuh.

Menariknya lagi menurut seorang ahli diet Rebecca Stritchfield mengemukanan bahwa alga juga kaya akan satu jenis asam lemak omega 3 yaitu docosahexaenoic acid or DHA yang dikenal dapat membantu mengurangi peradangan. Minyak alga ternyata memiliki tekstur yang sangat ringan dan netral. Rasa netral pada minyak akan lebih memunculkan citarasa bahan utama  sedang dimasak. Dengan demikian minyak alga tidak akan menutupi rasa sebenarnya dari bahan makanan favorit Anda.

Meski merupakan produk yang diolah dari hasil komoditi laut namun minyak alga ternyata sama sekali tidak berbau amis. Dan jika dibandingkan dnegan minyak goreng yang lain, minyak alga ternyata memiliki smoke point yang cukup tinggi yaitu 495° F. Sesuai dnegan namanya, smoke point merupakan proses pembakaran tertinggi yang tidak menimbulkan asap.

Ilustrasi Minyak Algae

Ilustrasi Minyak Algae www.thrivealgae.com

Ini artinya minyak alga merupakan jenis minyak yang cocok digunakan untuk memasak karena baru akan menimbulkan bau asap jika telah melewati suhu 495° F. Seperti yang diketahui bersama, bau asap pada minyak menandakan minyak yang terlalu matang. Jika hal ini terjadi maka dapat merubah citarasa makanan menjadi kurang baik.

Menariknya lagi ternyata parjuga koki menemukan bahwa minyak dengan smoke point yang tinggi akan lebih memungkinkan untuk digunakan dalam beragam teknik memasak. Meski memiliki flesibititas yang tergolong cukup tinggi, namun minyak alga juga menawarkan profil lemak yang sehat. Dengan beragam manfaat yang ada, tertarikkah Anda untuk mencobanya?

Baca juga:

Minyak Buaya sebagai Perawatan Kulit Terbaru

Stop Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali!

Manfaat Kaldu Tulang Bagi Kesehatan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: stylecaster.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment