Manfaat Ikan Laut untuk Mengobati Berbagai Penyakit

| Posted : 01 Nov 2013 | Gizi dan Makanan No comments

54 fresh-fishKabarnya, salah satu faktor yang membuat orang Jepang hidup sehat dan berumur panjang adalah kebiasaan mereka mnyantap hidangan laut, terutama ikan. Selain sehat dikonsumsi, ternyata ikan laut juga dapat menyembuhkan beragam penyakit. Apa saja? Berikut ulasannya.

Para peneliti dari seluruh dunia sepakat bahwa hasil laut tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit jika dikonsumsi seara teratur. Hal ini karena ikan laut memiliki kandungan lemak yang sedikit namun kaya protein. Zat tersebut merupakan sumber omega-3. Dibandingkan daging, ikan laut lebih aman dikonsumsi karena memiliki kandungan lemak jahat yang lebih sedikit.

54 omega-3-fatty-acidsOmega-3 dalam daging ikan laut sangat bermanfaat untuk menyehatkan jaringan otak. Jadi, Anda tidak perlu lagi meragukan anggapan bahwa mengkonsumsi ikan laut dapat membuat otak menjadi pintar. Orang yang mengkonsumsi ikan laut juga berpotensi terhindar dari depresi. Para peneliti menemukan bahwa deperesi dapat terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah rendahnya kadar asam lemak omega-3 di otak. Orang tua yang rutin mengkonsumsi ikan juga memiliki resiko yang lebih rendah untuk menderita demensia, termasuk penyakit Alzheimer.

Kandungan omega-3 dalam daging ikan juga bermanfaat bagi kesehatan retina mata. Sebuah penelitian menunjukan bahwa bayi yang disusui oleh ibu yang rutin mengkonsumsi ikan memiliki daya penglihatan yang lebih baik. Bagi ibu hamil, mengkonsumsiikan juga dapat mencegah resiko prematuritas atau melahirkan bayi secara prematur.

54 salmon-omega3Sebuah studi juga menyatakan bahwa ikan dapat memperkecil kemungkinan para pengkonsumsinya menderita penyakit asma. Mengkonsumsi ikan secara teratur juga dapat membantu meringankan gejala rheumatoid arthritis, psoriasis, dan penyakit autoimun. Bagi penderita diabetes, makanan laut ini berguna untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan juga terbukti dapat menguragi resiko kanker antara 30% hingga 50%. Mengkonsumsi ikan setidaknya satu kali setiap pekan  juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini karena zat yang terkandung dalam daging ikan laut mampu mengurangi pembekuan darah dan peradangan, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar lemak darah, serta meningkatkatan kadar kolesterol baik.

54 fresh.fish_092Tidak ada salahnya untuk mulai gemar mengkonsumsi ikan laut, setidaknya sekali dalam sepekan. Selain memiliki banyak manfaat, bahan makanan tersebut juga sangat mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Anda juga dapat mengolahnya dengan berbagai teknik memasak sesuai selera seperti dikukus, direbus, dipanggang, atau digoreng.

Baca juga :

Madu, Manis dan Kaya Manfaat

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat Coklat bagi Kesehatan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

 Sumber :

http://www.betterhealth.vic.gov.au

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment