Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

| Posted : 30 Oct 2013 | Gizi dan Makanan No comments

34 Immune-system-defends-the-humanMusim yang tidak menentu sedikit banyak membawa pengaruh bagi kesehatan Anda. Daya tahan tubuh menjadi faktor penting agar anda bisa tetap beraktivitas tanpa terganggu penyakit yang biasa menyerang saat perubahan musim. Berikut makanan-makanan yang dapat menjaga sekaligus meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Yang pertama adalah yogurt. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan yang berasal dari fermentasi susu ini. Yogurt mengandung bakteri baik atau prebiotik yang bermanfaat untuk sistem imunitas tubuh. Asam laktat yang dihasilkan oleh lactobacillus dalam yogurt juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri patogen penyebab penyakit. Dalam sehari, disarankan Anda mengkonsumsi dua porsi yogurt kemasan.

Wheat, Oat, Barley And Rye Flakes with Ears Isolated on White BackgroundOat dan barley tidak hanya yang kaya serat. Sebuah studi di Norwegia menyatakan bahwa biji-bijian ini bersifat antimikroba dan antioksidan sehingga tubuh dapat terhindar dari virus influenza maupun penyakit lain. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, makanan yang termasuk kelompok serealia tersebut juga membantu mempercepat penyembuhan luka. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda disarankan mengkonsumsi oat dan barley tiga kali sehari.

Bawang putih terkenal memiliki banyak manfaat termasuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bumbu dapur ini mengandung zat allicin yang dapat melawan bakteriĀ  maupun infeksi seperti flu. Selain meningkatkan sistem imunitas, mengkonsumsi minimal dua siung setiap hari juga dapat mengurangi resiko terserang penyakit kanker. Dosis optimal yang disarankan untuk mendapatkan manfaat dari garlic adalah dua siung per hari.

34 green-teaMinum teh juga dapat menjaga daya tahan tubuh Anda. Sebuah penelitian di Havard menyatakan bahwa orang yang minum 5 cangkir the hitam dalam waktu 2 pekan memiliki kemampuan 10 kali lipat lebih baik untuk melawan virus dalam darah disbanding orang yang tidak mengkonsumsi teh. Hal ini karena the memiliki kandungan asam amino L-theanine yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan tersebut banyak terdapat dalam the hitam serta the hijau.

Makanan laut alias seafood juga sangat baik dikonsumsi saat pancaroba seperti sekarang. Kerang, tiram, kepiting, serta salmon banyak mengandung Omega-3 dan protein stoknin yang dapat mencegah flu. Kandungan zinc dalam seafood juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memiliki efek antivirus. Bila Anda termasuk salah satu yang alergi terhadap seafood, Anda dapat mengkonsumsi daging sapi karena makanan tersebut juga banyak mengandung zinc.

34 quick-and-easy-chicken-noodle-soup1Selain makanan laut dan daging sapi, kekebalan tubuh juga dapat dijaga dengan mengkonsumsi sup ayam. Pada saat dimasak, daging ayam mengeluarkan asam amino sistein. Selain mampu menghalau penyakit flu, zat tersebut juga dapat mengobati bronchitis. Manfaat sup ayam semakin lengkap apabila dipadukan dengan rempah-rempah.

Jangan meremehkan ubi jalar. Makanan yang sering dianggap kampungan ini kaya akan beta karoten dan antioksidan. Kedua zat tersebut mampu melawan zat radikal penyebab kanker. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, ubi juga mengandung banyak vitamin A untuk menghambat proses penuaan dini.

34 shiitake-mushroomsAneka jamur seperti shiitake, maitake, serta jamur reishi juga sangat bagus untuk meningkatkan sistem imun. Penelitian yang dilakukan Douglas Schar dari Institute of Herbal Medicine Washington DC menyatakan bahwa makanan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan aktivitas sel-sel darah putih.

Brokoli juga dapat dijadikan makanan alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Brokoli kaya akan zinc dan selenium yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Brokoli juga mengandung zat yang dapat mendukung proses detoksifikasiĀ  serta menetralkan racun dalam tubuh.

34 soybeans-edamame-lMakanan untuk meningkatkan sistem imunitas yang selanjutnya adalah kedelai. Bahan baku pembuatan tahu dan tempe ini mengandung asam amino untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kedelai juga aman dikonsumsi oleh segala usia karena tidak menimbulkan alergi. Selain itu bahan makanan ini juga memiliki kadar glikemik indeks (GI) yang tinggi sehingga dapat dikonsumsi meskipun sedang menjalani program diet.

Bahan-bahan makanan tersebut tentu sering dan sangat mudah dijumpai. Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, imbangi juga dengan berolahraga serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Baca juga :

Rahasia Sehat Ala Orang Jepang

Manfaat Coklat bagi Kesehatan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

http://www.organicgardening.com/living/9-foods-boost-immune-system

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment