Makanan Tinggi Protein

| Posted : 03 May 2014 | Gizi dan Makanan No comments
Telur Ayam Foto : frenzyofnoise.net

Telur Ayam
Foto : frenzyofnoise.net

Telur dikenal sebagai makanan tinggi protein yang paling umum. Karena fakta inilah banyak orang menjadikan makanan tersebut sebagai menu utama terutama bagi yang sedang membentuk otot. Tetapi tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan lain yang kandungan proteinnya jauh lebih tinggi dibandingkan telur?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang makanan kaya protein selain telur, ada baiknya kita mengetahui tentang protein. Zat gizi ini kerap disebut dan sangat dianjurkan untuk dipenuhi kecukupan hariannya. Protein adalah rantai molekul panjang yang terdiri atas asam amino yang bergabung dengan ikatan peptide. Dalam protein setidaknya terdapat dua puluh jenis asam amino yang memiliki struktur dan fungsi berbeda. Keragaman itu membuat protein memiliki bermacam peran baik sebagai enzim, elemen struktur jaringan, hormone, imunoglobin, dan sebagainya.

Struktur Molekul Protein Foto : breakingmuscle.com

Struktur Molekul Protein
Foto : breakingmuscle.com

Secara umum protein penting untuk membentuk sel dan inti sel di seluruh jaringan tubuh. Protein dalam bentuk enzim penting dalam proses pencernaan. Pertumbuhan kuku dan rambut merupakan bukti bahwa protein berfungsi sebagai elemen struktur. Protein juga berfungsi membantu gerakan otot. Lensa mata manusia sebenarnya merupakan Kristal protein murni sehingga zat gizi tersebut juga berguna untuk menjaga kemampuan indra penglihatan. Penyebaran oksigen dalam tubuh, transport elektron, perbaikan sel atau jaringan yang rusak, serta beberapa aktivitas penting dalam tubuh juga selalu melibatkan protein.

Mengingat pentingnya protein bagi tubuh, maka kebutuhan hariannya harus selalu dipenuhi. Perhitungan kebutuhan protein harian seseorang adalah 1 gram per berat badan. Berarti seseorang dengan bobot tubuh 60 kilogram memerlukan 60 gram protein setiap hari. Jumlah yang harus dipenuhi agar kondisi tubuh seimbang adalah 10-35 persen (sekitar 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria). Sedangkan jika dihitung berdasarkan kebutuhan kalori, kebutuhan protein harian adalah 500-600 kal/orang/ hari. Beberapa kondisi memerlukan protein yang lebih tinggi misalnya wanita hamil dan menyusui.

Keju Gruyere Foto : ladies-with-bottle.blogspot.com

Keju Gruyere
Foto : ladies-with-bottle.blogspot.com

Telur sebagai sumber protein populer mampu menyumbang 6 gram protein. Sayangnya telur tidak baik dikonsumsi secara berlebihan karena kandungan kolesterolnya. Untuk mencukupi keperluan protein, Anda dapat mengkonsumsi makanan lain yang yang lebih kaya protein. Salah satunya adalah spirulina kering. Dua sendok mumput laut kering tersebut dapat memberikan 8 gram (40 kalori).

Anda juga dapat mengkonsumsi kedelai panggang. Seperempat cangkir makanan tersebut mampu mencukupi 15 gram kebutuhan protein. Jumlah yang lebih tinggi bisa diperoleh dari Greek yogurt. Kemasan kecil yogurt itu menyumbang 17 gram (100 kalori). Anda juga dapat mengkonsumsi keju Gruyere. Salah satu jenis keju Swiss ini bisa memberikan 8 gram protein. Makanan lain yang kaya protein adalah biji labu kering. Per seperempat cangkir mampu menyediakan 10 gram protein.

Baca juga :

7 Makanan yang Mendukung Detoksifikasi Hati

Manfaat Kesehatan Setelah Minum Teh

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : www.womenshealthmag.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment