Kelebihan Mengonsumsi Makanan Organik

| Posted : 11 Oct 2014 | Gizi dan Makanan No comments
dari nutritionmythbusters.blogspot.com

dari nutritionmythbusters.blogspot.com

Ada begitu banyak hal-hal baik yang bisa Anda rasakan setelah makan makanan organik. Bahan makanan organik adalah bahan pangan yang diproduksi dengan menggunakan metode pertanian organik. Dalam hal penanamannya, petani mengurangi atau membatasi input pupuk pestisida dan pupuk kimia. Bahan makanan organik juga tidak diproses menggunakan iradiasi, pelarut industri, atau bahan makanan tambahan kimiawi lainnya.

Dengan tidak menggunakan pupuk pestisida dan pupuk kimia, bahan makanan organik ini terbukti lebih sehat dan dapat mempengaruhi stamina tubuh Anda. Kenapa demikian? Sayuran organik mengandalkan pupuk kandang yang jauh lebih aman dibandingkan produk pupuk kimiawi. Dikarenakan jauh dari unsur kimia, maka produk organik akan lebih banyak mengandung fitokemikal yang berfungsi untuk meningkatkan aktivitas enzim yang berperan dalam menghancurkan karsinogenik. Karsinogen adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker. Zat karsinogenik memiliki sifat mengendap dan merusak terutama pada organ paru-paru.

dari health.detik.com

dari health.detik.com

Kelebihan lainnya ialah memiliki zat gizi lebih tinggi daripada makanan non organik. Unsur hara yang dimiliki oleh tanah menjadi lebih kaya tanpa pupuk kimia, hal itu akan membuat tanaman dapat mengandung zat besi, karotena, dan vitamin C yang lebih banyak. Tak hanya itu, rasa yang dipunyai oleh makanan organik lebih nikmat dan renyah. Sayur berpestisida atau berpupuk kimiawi akan mengandung rasa pahit. Umumnya, makanan organik juga dapat bertahan lebih lama. Hal itu terjadi karena tanaman organik secara alami memiliki pertahanan sendiri yang lebih baik terhadap hama atau cuaca.

dari www.lintas.me

dari www.lintas.me

Dengan mengkonsumsi makanan organik yang terbukti lebih baik daripada makanan non organik, ada beberapa efek samping positif terhadap tubuh. Makanan organik akan membuat tubuh Anda akan menjadi lebih segar. Dengan adanya jaminan bahwa makanan organik lebih menyehatkan tubuh, tidak menutup kemungkinan nafsu makan Anda menjadi lebih meningkat. Dengan demikian, Anda pun bisa melihat anak-anak Anda tumbuh sehat. Makanan organik juga dapat menciptakan kemampuan otak yang cerdas. Makanan bisa berdampak langsung pada fungsi otak. Dengan mengonsumsi makanan yang bebas dari zat kimia fungsi kerja otak akan menjadi lebih baik.

Kelebihan-kelebihan makanan organik tersebut jelas akan membuat hidup menjadi lebih sehat. Anda akan terhindar dari penyakit berbaya seperti kanker. Bahkan energi tubuh akan meningkat. Makanan organik dapat membantu Anda dalam meningkatkan tenaga saat bekerja dan juga menjaga keseimbangan Anda.

Oleh karena itu, jika konsumsi makanan Anda masih non organik pertimbangkan untuk memakan makanan organik demi kesehatan Anda. Tak sulit menemukan makanan-makanan organik ini, pasar tradisional Indonesia pasti akan menyediakan buah dan sayur segar setiap pagi. So, tunggu apalagi?

Artikel lainnya:

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Terkena Gangguan Pencernaan

Resep Diet Menggunakan Buah Kenari

Makanan Yang Membantu Membakar Lemak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : nationalgeographic.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment