Kadar Aman Konsumsi Garam

| Posted : 04 Sep 2015 | Gizi dan Makanan No comments
Garam

Garam saltopiasalts

Garam merupakan salah satu penambah rasa yang disukai banyak orang. Bahkan saking populernya sampai ada istilah bagai sayur tanpa garam. Kalau tanpa garam, hambar lah rasa sebuah masakan. Meski banyak disukai, konsumsi garam tetap perlu dimonitor. Kalau kelebihan dapat meningkatkan tekanan darah, tapi ternyata kalau kekurangan dapat membahayakan jantung. Meski alasan pastinya belum diketahui, asupan sodium kurang dari 3 gram per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian dan penyakit jantung hingga 27%.

Orang yang mengkonsumsiĀ  terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah sehingga tubuh lebih banyak menyerap air. Hal ini terjadi karena ekstra air yang ada menyebabkan volume darah menjadi luas. Akibatnya, terjadi peningkatan tekanan darah pada pembuluh darah. Tekanan ini dapat menyebabkan arteri menjadi mengeras dan pada gilirannya nanti dapat meningkatkan resiko serangan jantung ataupun stroke.

Asupan natrium seseorang berkisar antara 3 hingga 6 gram yang setara degan 7,5 hingga 15 gram garam dikaitkan dengan resiko kematian yang lebih rendah. Kadar asupan di atas juga dikaitkan dengan resiko penyakit jantung yang lebih rendah. Andrew Mente, assistant professor of clinical epidemiology and biostatistics at McMaster University juga menemukan bahwa konsuumsi berlebih ataupun kekurangan konsumsi natrium dapat membahayakan tubuh.

Namun temuan di atas bertentangan dengan pedoman untuk pencegahan penyakit jantung yang merekomendasikan saat ini. Maksimal asupan sodium untuk pencegahan penyakt jantung berada pada kisaran 1,5 hingga 2,4 gram saja per hari. Kadar di atas hanya setara dengan setengah sendok teh garam saja. Jauh berbeda dengan hasil yang dimiliki oleh Mente.

Garam

Garam thedish.plated

Studi lain menunjukkan bahwa konsumsi garam berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya 1,65 juta kematian penyakit kardiovaskular setiap tahunnya. Penelitian yang dipimpin oleh Dr Dariush Mozaffarian di Harvard School of Public Health ini menunjukkan bahwa terjadinya kematian tersebut dikaitkan dengan jumlah asupan natrium yang lebih dari batas maksimal yang dikeluarkan WHO yaitu 2 gram perhari. Bagaiman dengan konsumsi garam harian Anda?

Baca juga:

Manfaat Garam Laut untuk Mempercantik Kulit

Mengenal Beragam Manfaat Garam Epsom

Benarkah Kurang Mengkonsumsi Garam itu Berbahaya?

Aneka Manfaat Susu Kedelai Bagi Anak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: news.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment