Fat-Soluble Vitamins, Deskripsi serta Sumbernya

| Posted : 03 Dec 2013 | Gizi dan Makanan No comments

7 vitamin-adekUntuk menjaga kesehatan, tubuh manusia perlu mengkonsumsi 13 macam vitamin. Materi mengenai jenis-jenis vitamin tentu sudah mulai dikenal ketika masih belajar di bangku sekolah dasar. Secara umum, vitamin dikategorikan menjadi dua yaitu fat-soluble vitamins atau vitamin yang larut dalam lemak, serta water-soluble vitamins alias vitamin yang dapat larut dalam air.

Mari simak bahasan di bawah ini untuk menyegarkan ingatan tentang fat-soluble vitamins, kegunannya bagi tubuh, serta makanan yang merupakan sumber vitamin terbaik.

7 fatwatersolublevitVitamin digolongkan menjadi dua macam. Kelompok pertama adalah vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin jenis ini terdiri atas vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan membran sel, kulit, mata, mendukung petumbuhan tulang dan gigi, serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Hati, telur, margarin, mentega, serta aneka produk susu adalah sumber makanan hewani yang kaya akan vitamin A. Sedangkan makanan nabati yang banyak mengandung  jenis vitamin ini diantaranya sayuran berwarna oranye atau hijau gelap (labu, wortel, ubi jalar) dan buah-buahan seperti melon dan aprikot.

Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan penyerapan kalsium. Vitamin kedua yang larut dalam lemak ini banyak dijumpai pada margarin, susu, hati, dan ikan berlemak. Kulit manusia juga dapat memproduksi jenis vitamin ini jika terkena sinar matahari. Vitamin E merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas serta melindungi dinding sel. Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber terbaik dari vitamin ini. Selain itu, vitamin E juga terdapat pada kuning telur, hati, produk gandum, sayuran berdaun hijau, dan minyak nabati tak jenuh ganda yang biasanya dihasilkan dari jagung, kedelai, biji kapas, dan safflower.

7 vitamin kVitamin yang larut dalam lemak terakhir yaitu vitamin K. Vitamin ini diperlukan tubuh terutama saat terjadi luka sehingga darah dapat membeku dengan efektif. Makanan yang merupakan sumber terbaik dari fat-soluble vitamins keempat ini adalah aneka kubis, sayuran berdaun hijau, dan susu. Bakteri baik dalam usus juga dapat memproduksi vitamin K.

Tubuh memang tidak memerlukan fat-soluble vitamins sesering vitamin-vitamin yang larut dalam air. Meski demikian Anda harus memastikan bahwa asupan jenis vitamin tersebut cukup untuk tubuh. Kebutuhan vitamin berbeda-beda tergantung usia serta jenis kelamin. Umumnya orang dewasa memerlukan  5000IU vitamin A, 600IU vitamin D, 30IU vitamin E, dan 65-80 mkg vitamin K.

7 vitamin-aPastikan Anda mengkonsumsi fat-soluble vitamins tidak dalam jumlah berlebihan karena kelebihan vitamin jenis ini akan berdampak negatif bagi tubuh. Vitamin A yang berlebihan menyebabkan sakit kepala. Pada tingkat yang berat, kelebihan vitamin A juga dapat menimbulkan gangguan jiwa. Kelebihan vitamin D membuat denyut jantung tidak teratur. Konsumsi vitamin E berlebih mengakibatkan tulang melemah dan rapuh sebelum waktunya. Sedangkan jumlah vitamin K yang melebihi dosis dapat merusak sel darah merah, merusak sel otak, serta menyebabkan penyakit kuning.

Jadi, selalu perhatikan asupan gizi Anda agar tidak menjadi boomerang yang membahayakan tubuh.

Baca juga :

7 Makanan Herbal dan Alami untuk Diabetes

Manfaat Ikan Laut untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

www.newhealthguide.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment