Daftar Makanan dan Minuman yang Bikin Lemas Kalau Salah Mengolahnya

| Posted : 05 Aug 2016 | Gizi dan Makanan No comments

Ternyata cara mengolah makanan  sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh seseorang. Bahkan bahan makanan yang terlihat menyehatkan sekalipun, jika diolah tidak benar malah bisa bikin lemas ataupun mengantuk. Ini contohnya!

Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal pixabay

Semua orang pasti setuju jika oatmeal merupakan bahan makanan yang mengenyangkan. Namun tunggu dulu, jika saat memasak oatmeal diberi tambahan berupa gula, sirup ataupun jenis gula lainnya, maka hal ini dapat membuat Anda lemas. Pasalnya selain dapat menaikkan gula darah, sirup juga dapat menurunkan gula darah secara cepat pula. Agar karbohidrat diserap bertahap, campurkan oatmeal favorit Anda dengan bahan makanan seperti selai kacang, kacang cincang, ataupun biji chia.

Kacang

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan pixabay

Meski termasuk bahan makanan yang menyehatkan, namun kacang rentan sekali dikonsumsi secara berlebihan. Padahal konsumsi kacang berlebih dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat menimbulkan rasa kantuk. Duh!

Yoghurt

Yoghurt

Yoghurt pixabay

Tidak semua yoghurt menyehatkan, utamanya yoghurt yang memiliki kandungan gula berlebih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah Greek yoghurt plain dengan topping buah atau kacang-kacangan. Greek yoghurt dapat menstabilkan gula darah hingga dua kali lipat dari produk yoghurt biasa.

Chips Sayur

Chips sayur merupakan salah satu makanan kemasan yang kerap dipilih sebagai snack. Selain dibuat dengan citarasa super asin, makanan ini kerap dibuat dengan tepung kentang sehingga dapat membuat gula darah anda naik lalu turun dengan cepat. Untuk menanggulanginya, Anda dapat membuat chips sayur sendiri dengan bahan sayuran seperti kangkung, ubi jalar maupun buah bit.

Kopi

Kopi

Kopi pixabay

Kopi kerap dimanfaatkan untuk meningkatkan semangat kerja. pagi hari, kopi kerap diminum pula di sore hari ataupun malam hari, sembari nongkrong misalnya. Padahal menurut penelitian, mengkonsumsi kafein dalam kurun waktu 6 jam sebelum tidur ternyata dapat mengurangi tidur berkualitas Anda hingga 1 jam lamanya! Untuk mendapatkan manfaat terbaik, minumlah diantara pukul 10.00 hingga 12.00 siang atau pukul 15.00 sore.

Smoothies

Bagi yang tidak mengetahui tentu smoothies merupakan minuman yang menyehatkan. Padahal meski bahan utamanya adalah buah-buahan, namun jumlah gula yang digunakan dalam pembuatan smoothies ini sangat berpengaruh bagi kesehatan Anda. Semakin banyak gula yang digunakan, maka akan semakin tinggi pula resiko kesehatan yang dapat ditimbulkan.

Energy Bar

Snack Bar

Snack Bar paleotable

Kini energy bar menjadi salah satu pilihan camilan yang banyak digemari masyarakat luas. Meski demikian, jangan lupa untuk melihat berbagai komposisi sebelum membeli. Jatuhkan pilihan Anda pada energy bar yang dibuat dari bahan sehat, tidak terkecuali pada pemanisnya! Selain itu pilihlah energy bar yang mengandung cukup serat dan protein.

Baca juga:

Menu Terbaik untuk Sarapan Saat Ingin Menurunkan Berat Badan

Tips Menjadi Bahagia dengan Yoghurt Rasa Vanila

 Masih Susah Minum 8 Gelas Per Hari? Coba Deh Ikuti Tips Mudah Berikut Ini!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.womenshealthmag.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment