Agar Nasi Tidak Cepat Basi

| Posted : 13 Dec 2014 | Gizi dan Makanan No comments
 theofficeingenue.com

theofficeingenue.com

Nasi merupakan makanan pokok jutaan orang, termasuk orang Indonesia. Nasi pulen yang matang sempurna adalah dambaan bagi jutaan penikmatnya. Nasi pulen sangat identik dengan masakan desa yang memang sengaja dimasak menggunakan tungku dengan bahan bakar berupa kayu. Tanak kata orang yang mengetahuinya. Tanak merupakan istilah Jawa untuk menyebut nasi matang dengan sempurna. Nasi yang dimasak menggunakan tungku juga jarang menjadi basi walau di masak di pagi hari dan dikonsumsi di malam hari.

Namun demikian bagi warga kota, hal ini sudah jarang dan cukup sulit untuk dilakukan bukan? Pertama karena penggunaan tungku memakan biaya dan tempat yang tak sedikit. Ya, jika semua bahan bakarnya membeli, tentu saja gas ataupun memasak dengan listrik menggunakan rice cooker jauh lebih murah dan mudah dibandingkan dengan menggunakan tungku. Kayunya bakarnya saja sudah mahal, apalagi minyak tanahnya bukan? Belum lagi asap yang mengepul dari tungku tentunya akan mengakibatkan polusi udara.

Kini memasak nasi dengan menggunakan rice cooker sudah bukan menjadi hal yang langka bukan? Nah, bagaimana cara memasak nasi menggunakan rice cooker agar tidak cepat basi? Yuk intip segera informasi menariknya berikut ini. Rahasia tidak lain dengan cara menghindarkan uap air yang ada di bagian atas rice cooker itu sendiri. Tanya kenapa? Karena di lokasi tersebut biasanya menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Jika uap panas atau uap air  itu kembali menetes pada nasi maka nasi yang baru saja kita masak akan bercampur dengan bakteri yang ada bukan?

www.gourmet.com

www.gourmet.com

Lalu bagaimana solusinya? Tidak lain adalah segera membuka rice cooker setelah nasi matang atau tanak sempurna. Setelah itu ambil nasi yang ada di dalam wadah rice cooker dan segera angin-anginkan untuk menghindari uap air pertama agar tidak kembali menetes pada nasi yang telah matang. Bagi para penikmat nasi, pasti sudah bisa merasakan beda nasi yang baru saja matang  dengan nasi yang telah dipanaskan sekian jam menggunakan fungsi penghangat pada rice cooker bukan?  Akan lebih enak menyantap nasi matang yang panas dari pada nasi yang sekedar dihangatkan bukan?

Ya, memasak nasi dua kali sehari untuk makan pagi dan malam tentunya dapat menjadi alternatif yang cukup mudah dilakukan bukan? Meski terkesan merepotkan dan menyita waktu namun cara ini dapat meminimalisir terjadinya kerusakan nutrisi pada nasi itu sendiri. Nah berbicara soal pencegahan nasi agar tidak cepat basi tentu saja berkaitan erat dengan kualitas beras serta cara mencuci beras itu sendiri. Agar nutrisi pada besar tidak hilang, sebaiknya pencucian beras maksimal dilakukan sebanyak dua kali saja. Namun demikian bisa disesuaikan dengan jenis beras yang akan dimasak.  Air yang digunakan untuk mencuci juga menjadi hal yang penting.  Selain beras, air untuk mencuci juga harus berkualitas. Air matang juga bagus sebagai media mencucui beras karena air yang berkualitas menentukan nasi cepat basi atau tidak. Selamat mencoba!

Baca juga:

Manfaat Lain di Balik Lezatnya Potongan Buah Mangga

Mengenal Diet Bebas Gluten

Infused Water, Cara Baru Menikmati Air Putih dengan Cara yang Menyenangkan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: drozindonesiatranstv.blogspot.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment