10 Makanan yang Kaya Magnesium

| Posted : 30 Nov 2013 | Gizi dan Makanan No comments

ElementTubuh memerlukan berbagai vitamin dan mineral agar dapat beraktivitas dengan baik. Salah satu mineral yang sering ‘terabaikan’ adalah magnesium. Kebanyakan orang lebih mengutamakan asupan kalsium dibanding magnesium. Padahal magnesium juga penting untuk tubuh. Mineral tersebut memiliki banyak peranan dalam tubuh.

Magnesium berfungsi untuk mengatur denyut jantung. Mineral tersebut juga berperan dalam mencegah penyakit serta serangan jantung. Hipertensi, stroke, dan diabetes tipe 2 adalah beberapa penyakit yang dapat ditangkal dengan magnesium. Magnesium juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang seperti halnya kalsium. Selain itu, mineral dengan simbol Mg tersebut juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan syaraf dan fungsi otot, mengubah gula darah menjadi energi, mencegah endapan kalsium, batu ginjal, dan batu empedu.

59 spinach1Magnesium juga bersifat anti- stres dan obat depresi. Jika dikombinasikan dengan kalsium, zat tersebut dapat dijadikan obat penenang alami. Magnesium tidak hanya berperan dalam sistem kardiovaskular tetapi juga dalam sistem pencernaan. Selain itu, mineral Mg juga penting untuk wanita karena dapat mencegah kram pramenstruasi dan PMS. Fibromyalgia (sering disingkat FM atauFMS) alias kondisi kronis yang menyebabkan nyeri, kekakuan, dan kepekaan pada otot, tendon, serta sendi juga dapat diatasi dengan magnesium.

Magnesium tidak hanya dapat ditemukan dalam suplemen makanan. Anda dapat memperoleh magnesium alami dari beberapa bahan makanan yang mudah dijumpai. Berikut sepuluh jenis makanan yang kaya mineral Mg.

Sayuran berwarna hijau tua merupakan sumber magnesium yang tinggi. Dalam 100 gram bayam Anda dapat memperoleh 79 mg magnesium. Setelah dimasak, kandungan magnesium dalam bayam juga tetap tinggi. Setelah mengkonsumsi semangkuk bayam (180 gram) Anda akan memperolah 157 mg mineral Mg.

59 PumpkinSeedsSizedAneka kacang serta biji labu merupakan makanan dengan kandungan magnesium yang cukup tinggi yang kedua. Dalam 100 gram kacang-kacangan terdapat 534mg magnesium. Anda dapat mengkonsumsi jenis kacang-kacangan yang disukai seperti kacang tanah, walnut, almon, kacang mete. Dan sebagainya.

Hasil laut berupa ikan makarel adalah makanan yang kaya magnesium ketiga. Dengan mengkonsumsi 100 gram daging makarel, Anda akan mendapatkan 97 mg magnesium. Seafood lain yang juga merupakan sumber magnesium adalah berbagai jenis ikan misalnya tuna, pollock, dan turbot.

Makanan kaya magnesium keempat adalah kedelai. Dalam 100 gram kedelai terdapat 86 mg magnesium. Selain bahan baku pembuat tempe tersebut, lentil, kacang pinto, chickpea, kidney bean, black-eye pea, white bean, serta French bean juga merupakan sumber magnesium yang baik.

59 cerealsKelima, Anda dapat mendapatkan jumlah magnesium ideal dari biji-bijian dan seralia terutama yang berwarna coklat. Dalam 100 gram nasi merah terdapat 44 mg magnesium. Oat, barley, quinoa, millet, bulgur, buckwheat, wild rice, dan whole wheat pasta juga memiliki kandungan magnesium yang tidak kalah banyak.

Sumber magnesium yang keenam yaitu alpukat. Buah yang kerap dihidangkan dalam menu makanan Latin tersebut mengandung 29 mg magnesium per 100 gram. Sedangkan dari secangkir sup alpukat kental (115 gram), Anda dapat memperoleh magnesium sebanyak 33mg.

Produk susu rendah lemak seperti yogurt dapat dijadikan alternatif makanan kaya magnesium yang ketujuh. Dalam 100 gram plain non fat yogurt terdapat 19 mg magnesium. Anda juga dapat mengkonsumsi keju kambing, yogurt coklat tanpa lemak, serta keju mozarella tanpa lemak.

59 low-fat-yogurtMakanan kaya magnesium yang kedelapan adalah pisang. Buah tropis tersebut mengandung 27 mg magnesium per 100 gram penyajian.

Aneka buah kering seperti buah ara kering, kismis, aprikot, serta buah prem juga kaya akan magnesium. Dalam setiap 100 gram buah ara kering, Anda dapat memperoleh magnesium hingga 68 mg.

Terakhir, makanan yang dianggap sebagai sumber magnesium terbaik adalah dark coklat.  Panganan dari biji kokoa tersebut mengandung 327 mg magnesium per 100 gram.

Baca juga :

Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat Ikan Laut untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

www.healthaliciousness.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment