10 Makanan Penyebab Kanker

| Posted : 27 Nov 2013 | Gizi dan Makanan No comments

VB_PoiPl_F06_cvr.inddKemajuan teknologi pangan memberikan dampak positif sekaligus negatif. Salah satu pengaruh buruk dari kemajuan tersebut adalah ditemukannya makanan-makanan yang dapat menyebabkan kanker. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Makanan pertama yang dapat menyebabkan kanker adalah makanan yang dikembangkan genetically-modified organisms (GMOs). GMOs adalah organisme yang telah direkayasa secara genetik. Penemuan tersebut dimanfaatkan untuk menemukan jenis baru yang dianggap lebih unggul misalnya pada tanaman padi, jagung, kedelai, atau buah-buahan yang dikembangkan secara konvensional. GMOs terbukti sebagai bahan kimia yang menyebabkan tumor tumbuh dengan cepat. Pengaruh buruk GMOs juga terdapat dalam produk hasil olahannya.

49 meat productAnda juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi produk olahan daging seperti sosis, bacon, hot dog, dan sebagainya. Makanan-makanan tersebut kadang dibuat dengan pengawet kimia agar awet dan tampak menarik. Bahan tambahan tersebut adalah salah satu pemicu kanker. Produk olahan daging juga kadang menambahkan misalnya natrium nitrit dan natrium nitrat yang dapat menyebabkan kanker usus besar. Jadi pastikan Anda cermat dalam memilih produk olahan daging yang hendak dikonsumsi.

Anda gemar mengkonsumsi microwave popcorn? Setelah membaca artikel ini mungkin Anda akan meninggalkan kebiasaan tersebut. Lembaga Environmental Protection Agency (EPA) di Amerika Serikat menyatakan bahwa perfluorooctanoic acid (PFOA) dalam microwave popcorn bersifat karsinogenik. Studi lain menyatakan bahwa zat kimia tersebut dapat memicu tumor. Bahan kimia diacetyl dalam microwave popcorn juga disebut sebagai pemicu kanker sekaligus merusak paru-paru.

49 sodaSeperti halnya produk olahan daging, soda pop atau limun juga ‘dinobatkan’ sebagai bahan makanan yang menyebabkan kanker. Minuman ringan tersebut tidak hanya banyak mengandung gula tetapi juga ‘kaya’ dengan bahan kimia tambahan seperti pengawet dan pewarna buatan. Bahan-bahan tersebut merupakan pemicu sel-sel kanker manjadi aktif. Limun berwarna karamel umumnya dibuat menggunakan 4-methylimidazole (4-MI) atau turunannya yang terbukti dapat mengakibatkan kanker.

Anda juga harus berhati-hati dengan makanan dan minuman berlabel ‘diet’. Produk diet tersebut dibuat mengunakan pemanis buatan seperti aspartam, saccharin, sucralose, dan sebagainya. Penelitian yang dilakukan oleh European Food Safety Authority (EFSA) serta puluhan penelitian dengan objek serupa menemukan bahwa aspartam menyebabkan berbagai penyakit termasuk cacat lahir dan kanker. Pemanis buatan lain juga banyak dikaitkan sebagai pemicu kanker.

49 refined flourSebuah penelitian yang dimuat dalam Cancer Epidemiology, Mile Markers, and Prevention menemukan bahwa tepung halus (refined flour) bertanggungjawab atas peningkatan resiko kanker payudara yang dialami wanita. Bahan makanan tersebut memiliki kandungan kerbohidrat berlebih yang bila dikonsumsi akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Kondisi tersebut juga mengaktifkan serta membuat sel-sel kanker tersebar dengan mudah.

Hal yang sama berlaku untuk gula halus. Pemanis yang satu ini menyebabkan kadar insulin melonjak secara cepat sekaligus mengaktifkan sel kanker. Sel kanker terbukti dapat berkembang cepat karena pemanis kaya fruktosa, misalnya high-fructose corn syrup (HFCS). Padahal banyak produk makanan yang dibuat menggunakan HFCS atau gula halus lain seperti cookies, kue, pie, soda, jus, saus, dan sereal.

49 genetically-modified-food1Anda juga harus berhati-hati dalam membeli buah-buahan. Saat ini banyak buah konvensional yang terkontaminasi pestisida. The Environmental Working Group (EWG) bahkan menyatakan bahwa 98% apel, anggur, stroberi, serta buah lain di pasaran dikembangkan tidak dengan cara organik sehingga terkontaminasi pestisida. Zat tersebut adalah salah satu penyebab kanker.

Kebutuhan akan ikan salmon melahirkan farmed salmon. Tetapi salmon ‘hasil tambak’ tersebut justru disebut meningkatkan resiko kanker. Hal ini diungkapkan oleh Dr. David Carpenter yang merupakan direktur Institute for Health and the Environment University of Albany. Farmed salmon tidak hanya miskin vitamin D tetapi juga terkontaminasi oleh bahan kimia yang bersifat karsinogenik seperti polychlorinated biphenyls, pestisida, dan sebagainya.

49 hydrogenated oilMakanan terakhir yang disebut sebagai pemicu kanker adalah hydrogenated oil atau minyak terhidrogenasi. Pengawetan minyak yang telah dilakukan sejak lama ini mengkonversi asam lemak esensial dengan cara menambahkan gas hidrogen. Proses tersebut membuat minyak menjadi padat. Minyak terhidrogenasi yang kerap dijumpai adalah margarin. Minyak terhidrogenasi mengubah struktur serta fleksibilitas membran sel sehingga dapat menyebabkan penyakit termasuk kanker. Meski beberapa produsen makanan telah mengganti hydrogenated oil dengan minyak sawit atau alternatif lain yang lebih aman, masih banyak dijumpai produk makanan yang menggunakan minyak terhidrogenasi dalam pengolahannya.

Jadi, Anda harus lebih cermat dalam memilih makanan. Bahan makanan yang tampak sehat sekalipun dapat merugikan tubuh karena mengandung zat berbahaya yang memicu kanker.

Baca juga :

Tujuh Manfaat Minyak Kelapa

6 Makanan Tradisional Dunia yang Kaya Probiotik

Tempe, Sumber Protein Asli dari Negeri Sendiri

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

dailyhealthpost.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment