10 Bahan Herbal untuk Meningkatkan Daya Ingat

| Posted : 16 Nov 2013 | Gizi dan Makanan No comments

21 forgotMasih muda sudah pikun. Sering mendengar cemooohan ini? umumnya penurunan daya ingat kerap dikaitkan dengan penuaan. Tetapi lupa atau kehilangan memori jangka pendek juga dapat dialami oleh kalangan berusia muda. Hal tersebut terjadi karena banyak faktor seperti akibat mengkonsumsi alkohol, narkoba, serta tembakau. Salah menggunakan obat tertentu, sulit tidur, stress, depresi, kurang gizi, sakit kepala, stroke, dan dimensia juga merupakan penyebab kehilangan memori jangka pendek. Tetapi Anda tidak perlu khawatir. Berikut ulasan mengenai sembilan bahan herbal alami yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat serta kinerja otak.

21 ginkgo-bilobaYang pertama adalah ginko biloba. Ginko biloba merupakan obat herbal yang paling terkenal di Eropa dan Amerika. Selain memiliki banyak manfaat terapeutik, daun ginko biloba juga dapat meningkatkan daya ingat. Sebuah penelitian ilmiah membuktikan potensi ginko biloba dapat membantu meningkatkan daya memori pada penderita Alzheimer dan dimensia vaskular. Hal ini karena ginko biloba mengandung flavonoid dan terpenoid yang bermanfaat untuk Alzheimer dan dimensia. Ginko biloba juga bermanfaat untuk melindungi sel syaraf dari kedua gangguan tersebut.

Ginseng tidak hanya dipercaya sebagai penambah stamina. Bahan herbal berupa akar ini mengandung zat yang efektif untuk mengatasi ganggunan penurunan memori. Ginseng juga memiliki kandungan yang mampu memicu neurotranslitter untuk meningkatkan daya ingat.

21 rosemary21 rosemary21 rosemaryAnda mungkin hanya memanfaatkan rosemary sebagai ‘bumbu dapur’ karena daun tersebut mampu mempertajam aroma serta rasa masakan. Ternyata, rosemary juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penurunan memori. Sebuah studi menyatakan bahwa khasiat aromaterapi rosemary dapat mengurangi kadar kortisol yang memicu kecemasan. Jika dikombinasikan dengan minyak esensial lain, rosemary dapat meningkatkan konsentrasi serta daya memori.

Universities of Newcastle dan Northumbria mencoba menganalisis manfaat obat herbal sage. Hasil penelitiannya mengungkapkan bahwa sage bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Tim peneliti gabungan tersebut juga mengemukakan potensi sage untuk pasien penderita Alzheimer karena dapat meningkatkan zat kimia otak yang sebelumnya menurun saat gangguan otak tersebut menyerang.

21 green-tea2Bahan herbal yang selanjutnya adalah teh hijau. Minuman yang dipercaya sebagai penjaga penampilan ini kaya akan antioksidan. Teh hijau juga mengandung protein serta lipid yang baik untuk mempertahankan daya ingat. Kedua bahan tersebut juga baik untuk mencegah penurunan memori karena usia maupun yang disebabkan oleh oksidasi.

Rhodiola rosea telah dipercaya sejak lama sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit. Tanaman yang dijuluki tongkat Nabi Harun ini dapat meredakan depresi serta meningkatkan fokus dan memori. Beberapa peneliti percaya bahwa Rhodiola rosea mengandung adaptogenik untuk merangsang sistem saraf pusat. Penelitian lain membuktikan bahwa mengkonsumsi Rhodiola rosea dapat meningkatkan kemampuan menghafal.

21 gotu-kolaDalam metode pengobatan Ayurveda dikenal Bacopa. Obat herbal yang telah dimanfaatkan sejak ribuan tahun itu terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan memori serta fungsi mental.  Mengkonsumsi Bacopa juga membuat otak lebih cepat memproses informasi yang diterimanya.

Bahan herbal alami yang selanjutnya adalah gotu kola atau  Indian Pennywort. Tanaman ini telah lama digunakan sebagai ramuan untuk meningkatkan memori serta fungsi otak. Pengobatan tradisonal Cina dan Ayurveda telah lama memanfaatkannya untuk meremajakan pikiran serta sebagai ramuan anti penuaan.

21 berriesHarvard University juga telah melakukan penelitian tentang khasiat buah berry. Hasil penelitian menyatakan asupan buah berry mampu meningkatkan kekuatan otak, mencegah penurunan kognitif dan daya ingat karena pengaruh usia. Selain itu buah berry juga mengandung flavonoid yang bersifat anti inflamasi dan antioksidan untuk meningkatkan fungsi otak.

Bahan herbal alami yang terakhir adalah Periwinkle. Obat tradisional ini dikenal sebagai antispasmodik , antibakteri , antikanker, sekaligus obat penenang. Periwinkle juga biasa digunakan sebagai ramuan untuk meningkatkan memori. Biji serta daun tanaman ini mengandung vincamine yaitu zat yang berguna untuk melancarkan peredaran darah serta menyuplai oksigen ke otak.  Vincamine merupakan senyawa asal zat Vinpocetine yang berfungsi mencegah kerusakan pembuluh darah sehingga tidak pikun atau mengalami dimensia. Selain itu bahan herbal alami ini dapat mendorong otak menyerap  lebih bayak nutrisi untuk meningkatkan kinerjanya.

Baca juga :

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mewaspadai Dehidrasi Ketika Musim Hujan

Manfaat Ikan Laut untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

http://dailyhealthpost.com/

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment