Suka Nyemil Tapi Nggak Pengen Gemuk? Hindari Kombinasi Camilan Berikut Ini!

| Posted : 16 Sep 2016 | Diet, Gizi dan Makanan No comments

“Aku tuh nggak suka makan lho, tapi kok masih gemuk ya?”.

Pertanyaan ini kerap kali dilontarkan oleh orang yang mengalami kegemukan, namun merasa jarang makan. Ketika ditanya lebih lanjut tentang asupan energi yang diperoleh sehari-hari, barulah dijawab dengan “Sukanya ngemil saja kok”. Duh!

Disadari atau tidak, seringkali ngemil memang menjadi penyebab melonjaknya berat badan seseorang. Selain karena porsi makannya yang tidak terlihat, kebanyakan camilan ternyata mengandung kalori yang cukup tinggi. Belum lagi kombinasi camilan yang terbilang kurang ideal. Berikut penjelasan selengkapnya!

Snack Favorit Anda Berkalori Tinggi

Snack

Snack pixabay.com

Hal pertama yang kerap tidak disadari adalah memilih snack dengan kalori tinggi. Salah satu contohnya adalah keripik yang disantap dengan guacamole. Jadi meski porsinya terbilang kecil, namun jumlah kalori yang terkandung bisa menyentuh angka 300 kalori atau lebih. Padahal camilan yang direkomendasikan adalah makanan ringan dengan total energi sekitar 150 saja, tidak lebih. Catat!

Memilih Snack yang Dikonsumsi dengan Cara Diminum

Smoothie

Smoothie pixabay

Sebenarnya tidak ada salahnya dengan jenis camilan yang satu ini. Smoothies misalnya. Meski bisa dibuat dengan berbagai bahan sehat seperti kombinasi buah dan sayur, namun tidak jarang smoothies juga diberi tambahan gula, bubuk protein hingga kacang-kacangan. Jika berbagai bahan ini dicampur jadi satu, bisa-bisa Anda akan menikmati sekian ratus kalori hanya dalam beberapa kali teguk. Jika kerap mengalami hal ini, Anda dapat mengakalinya dengan menikmati smoothie dengan takaran tertentu. Dengan cara demikian, Anda dapat mengira-ira jumlah kalori yang dikandung dalam smoothie favorit Anda.

Memilih Snack Kering

Snack Kering

Snack Kering pixabay.com

Meski tergolong camilan sehat, namun granola, crackers, roti maupun mini muffin masuk dalam jenis camilan kering. Lain halnya dengan camilan “basah” seperti potongan melon, apel, wortel yang notabenya menawarkan kandungan air yang cukup tinggi. Meski disajikan dalam jumlah yang lebih besar, namun jika dibandingkan dengan jenis camilan kering, ternyata camilan basah menawarkan berbagai kelebihan yang oke punya. Selain menawarkan rasa kenyang yang lebih tahan lama serta menghindarkan Anda dari sensasi dehidrasi, ternyata camilan “basah” cenderung menawarkan kalori yang lebih sedikit. Bagaimana dengan kebiasaan snacking Anda?

Baca juga:

Apa Sih yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Merokok Selama 20 Menit Saja?

Tips Agar Penurunan Berat Badan Anda Semakin Terasa Menyenangkan

Mana yang Lebih Menyehatkan ? Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin ? Ini Jawabannya !

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: popsugar.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment