Menurunkan Berat Badan dengan Berjalan Kaki

| Posted : 02 Dec 2013 | Diet No comments

58 walking58 walking58 walking58 walking58 walking58 Walk_Park_62030451-smaller“Walking is a refreshing alternative to complicated aerobic routines and overpriced gym memberships.”

Demikian kutipan kalimat dari salah satu situs kesehatan, New Health Guide.

Berjalan kaki memang merupakan olahraga murah yang kaya manfaat. Selain menjaga kebugaran, berjalan juga berdampak positif pada bentuk tubuh karena dapat mengurangi berat badan. Hal tersebut dikemukakan oleh para peneliti dari University of Pittsburgh. Salah satu perguruan tinggi di Amerika tersebut melakukan riset tentang efektivitas berjalan kaki dengan penurunan berat badan. Hasilnya, responden yang mengikuti kegiatan penelitian itu selama 30 hingga 60 hari menunjukkan penurunan berat badan.

Para peneliti dari Universitas Pittsburgh juga menemukan bahwa berjalan kaki selama 30 menit setiap hari membantu membakar hingga 150 kalori dalam tubuh. Aktivitas ini sebaiknya tidak dilakukan dengan berlebihan karena beresiko cidera. Tambah intensitasnya secara bertahap hingga mendapat kecepatan maksimal Anda sendiri. Semakin cepat Anda menggerakkan tubuh, semakin cepat pula kalori tubuh terbakar.

58 walking with hand stickAnda tidak harus berjalan kaki dengan menyusuri lintasan gimnastik. Jalan yang mengarah ke rumah teman, taman, atau tujuan lain dapat dijadikan rute berjalan kaki yang menyenangkan. Anda juga dapat memanfaatkan area sekeliling rumah untuk melakukan aktivitas tersebut. Berjalan kaki ke toko, ATM, kantor pos, maupun sarana publik lain yang lokasinya terjangkau dapat digunakan sebagai latihan untuk membudayakan berjalan kaki. Menyusuri jalan yang berlawanan arah juga dapat menghilangkan rasa jenuh saat Anda berjalan.

Akan lebih menyenangkan lagi bila Anda tidak sendiri saat berjalan kaki. Adanya rekan atau lawan bicara saat berjalan kaki membuat emosi semakin baik. Emosi yang positif membantu menjaga kestabilan serta kecepatan berjalan sehingga hasilnya juga semakin efektif. Membawa tongkat ski saat melakukan aktivitas jalan kaki juga cukup membantu karena mendukung gerakan stabil pada lengan dan anggota tubuh lain. Menggunakan tongkat ski juga membakar kalori 20% lebih banyak dibanding aktivitas berjalan tanpa tongkat ski.

58 Feet walking on stonesJika sudah mulai terbiasa, Anda bisa menambahkan variasi berjalan seperti mendaki bukit atau menyusuri jalanan miring. Otot kaki terlatih lebih optimal karena terjadi aktivitas memperlambat laju gerak ketika berjalan melintasi rute yang menurun. Sedangkan kalori tubuh akan terbakar secara menyeluruh dengan berjalan mendaki.

Anda juga dapat mencoba berjalan di tanah berbatu atau lahan lain dangan tekstur yang tidak rata. Hal tersebut tidak hanya bermanfaat untuk otot tetapi juga melatih fisik. Studi yang dilakukan oleh para fisiologis dari Oregon Research Institute menyatakan bahwa berjalan di atas batu-batuan dapat menurunkan tekanan darah serta menjaga keseimbangan. Kerikil atau permukaan yang tidak rata merangsang titik-titik akupresur pada telapak kaki sehingga dapat membantu mengatur tekanan darah. Berjalan di permukaan yang tidak rata juga membakar lebih banyak kalori.

Baca juga :

Lima Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Berat Badan

Lima Tips Memilih Makanan untuk Diet

Menjaga Berat Badan Ideal dengan Sarapan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

www.newhealthguide.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment