Lima Tips Memilih Makanan untuk Diet

| Posted : 27 Nov 2013 | Diet No comments

50 gallery_big_summer_fruit_cocktail_recipesAgar program diet berjalan lancar serta membuahkan hasil yang optimal Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah memilih makanan dengan tepat. Berikut tips memilih makanan yang tepat untuk diet.

Tips pertama adalah pilih makanan alami, bukan makanan olahan. Seperti dikutip dari situs Daily Health Post, makanan alami atau yang belum diproses menjadi bentuk lain memiliki nutrisi yang lebih tinggi sehingga lebih mengenyangkan. Mengkonsumsi biji-bijian utuh membuat Anda terhindar dari pola makan berlebihan. Zat gizi dari makanan alami juga lebih terjaga sehingga dapat dimanfaatkan oleh tubuh secara optimal. Buah-buahan serta sayuran segar juga mengandung kalori yang lebih sedikit sehingga tidak ‘tertumpuk’ dan tubuh terhindar dari kegemukan.

50 nutsSaran kedua dalam memilih makanan diet adalah pilih makanan berkualitas dengan jumlah protein yang cukup. Protein adalah zat gizi penting yang diperlukan tidak hanya selama program diet. Protein mendukung upaya penurunan berat badan dengan mendukung pertambahan massa otot. Anda dapat mendapatkan protein dari daging, produk susu, kacang-kacangan, serta beberapa jenis buah dan sayur. Bahan makanan tersebut merupakan sumber protein berkualitas yang kaya asam amino esensial namun rendah lemak.

Hal ketiga yang perlu diperhatikan saat memilih makanan untuk diet yaitu jangan menghindari produk hewani. Sebagian dari Anda mungkin melakukan hal sebaliknya karena menganggap produk hewani adalah penyebab kegemukan. Sebaiknya Anda tetap memproduksi produk non-nabati tersebut untuk memenuhi zat gizi yang diperlukan tubuh karena beberapa nutrisi penting tidak ditemukan dalam makanan nabati.

50 easy-healthy-salad-strawberry-lemon-saladTips keempat, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Kedua bahan makanan tersebut terbukti sebagai makanan yang paling disarankan untuk para pelaku diet. Produk pertanian segar itu memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk menghindarkan tubuh dari serangan penyakit berbahaya misalnya kanker , diabetes , obesitas , dan penyakit jantung. Sayur dan buah juga kaya serat untuk menjaga ksesehatan pencernaan, menstabilkan kadar gula darah, sekaligus mendukung perkembangan probiotik dalam usus.

Saran kelima dalam memilih makanan diet adalah perhatikan jumlah asupan kalori serta makronutrisi untuk tubuh. Jumlah konsumsi kalori berpengaruh erat dengan berat badan. Selain itu, Anda juga harus memonitor besarnya asupan makronutrisi seperti protein, kabohidrat, serta lemak. Dikutip dari dailyhealthpost.com, kebutuhan protein orang dewasa adalah 0,8 sampai 3,3 per kilogram berat badan. Kadar lemak dan karbohidrat masing-masing >15% dari seluruh kalori dan 20-70% dari jumlah kalori keseluruhan.

50 macronutrientsAngka tersebut dapat bervariasi tergantung aktivitas sehari-hari. Bila Anda seorang yang aktif (misalnya atlet) sebaiknya konsumsi lebih banyak karbohidrat agar energi Anda cepat kembali usai melakukan latihan. Tetapi bila Anda tidak melakukan banyak aktivitas fisik, karbohidrat yang diperlukan lebih sedikit untuk menjaga kadar glikemik tubuh.

Baca juga :

Alpukat untuk Menurunkan Berat Badan

The Stone Fit Diet, Metode Menjaga Kesehatan Sekaligus Penampilan

Tips-Tips untuk Menurunkan Berat Badan dengan Mudah (2)

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment