Hormon yang Berkaitan Erat dengan Penurunan Berat Badan

| Posted : 12 Mar 2016 | Diet No comments
Langsing

Langsing pixabay

Berbicara soal penurunan berat badan umumnya tidak akan beranjak jauh dari pila hidup seimbang, mulai dari pengatuuran pola makan, olahraga  hingga jam tidur harian. Ternyata tidak hanya itu saja, ada beberapa hormon tertentu yang berkaitan erat dengan proses penurunan berat badan seseorang.

Hormon Ghrelin

Langsing

Langsing pixabay

Hormon ghrelin merupakan jenis hormon yang berperan dalam meningkatkan nafsu makan seseorang. Jika sedang lapar, hormon inilah yang akan mengirimkan sinyal lapar ke otak. Umumnya orang akan fokus pada pengurangan kalori saja saat ingin melakukan diet. Menariknya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet rendah kalori selama satu tahun pun masih menunjukkan level hormon ghrelin yang cukup tinggi.

Menariknya, hormon ghrelin dapat dikurangi dengan melakukan latihan yang intens. Jadi untuk menurunkan berat berat badan memang memerlukan latihan yang tepat sesuai dnegan kemampuan dan kesehatan tubuh Anda. Hormon kedua yang erat kaitannya dengan penurunan berat badan adalah insulin. Selain berkaitan erat dengan kadar gula dalam darah, insulin juga berperan dalam masa pemulihan serta pembentukan otot.

Saat makanan tinggi karbohidrat masuk ke dalam tubuh, maka dapat pembakaran lemak dalam tubuh. Dan semakin tinggi karbohidrat yang dikonsumsi maka semakin banyak pula insulin yang akan dirlis. Agar insulin ini efektif membakar lemak, konsumsilah karbohidrat yang baik yang dikenal dengan kompleks, seperti sayur dan buah-buahan.

Hormon Leptin

Langsing

Langsing pixabay

Hormon penting selanjutnya adalah hormon yang berperan penting dalam mengatur berat badan adalah hormon leptin. Hormon ini merupakan hormon yang berperan dalam pengiriman sinyal ke otak untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sedikit dan membakar lebih banyak kalori. Untuk memaksimalkan sensitivitas leptin, Anda perlu mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah yang kaya akan antioksidan.

Hormon Adiponektin

Langsing

Langsing pixabay

Hormon adiponektin  merupakan jenis hormon yang membantu meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap karbohidrat sebagai energi, meningkatkan metabolisme, menjaga berat badan serta mengontrol nafsu makan. Untuk memaksimalkan produksi hormon ini dapat dilakukan dengan bergerak lebih aktif atau mengganti karbohidrat dalam diet Anda dengan lemak jenuh tunggal seperti buah alpukat.

Hormon Epinefrin

Langsing

Langsing pixabay

Hormon epinefrin berperan penting untuk mendorong pembakaran lemak serta membantu menekan nafsu makan seseorang. Menariknya cara mengaktifkan hormon ini pun terbilang menarik, dapat dilakukan dengan olahraga. So, jangan lupa olahraga ya!

Baca juga:

Diet yang Cocok untuk Tipe Bentuk Tubuh Seperti Buah Pir

Menu Terbaik untuk Sarapan Saat Ingin Menurunkan Berat Badan

Chia Seed, Alternatif Baru untuk Penurunan Berat Badan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment