Beragam Informasi Menarik Terkait Gluten Free Diet yang Perlu Anda Tahu

| Posted : 10 Dec 2014 | Diet, Gizi dan Makanan No comments
 central-market.com

central-market.com

Jangan langsung ingin mencoba suatu diet jenis baru! Itulah kiranya hal yang perlu dilakukan para ladies dimanapun berada. Meski beberapa waktu belakangan diet bebas gluten marak diperbincangkan, namun bagi orang sehat yang tidak menderita penyakit celiac ataupun sensitif terhadap gluten alangkah baiknya tidak mencoba diet jenis ini. Tanya kenapa? Ikuti informasi menariknya berikut ini.

Pertama, dilansir dari healthywomen.org, menyebutkan bahwa dari hasil penelitian ternyata diet jenis ini dapat berisiko kekurangan pada kekurangan serat, zat besi, folat, niacin, tiamin, kalsium, vitamin B12, fosfor dan seng. Tidak mau kan ladies sudah susah payah diet ternyata tidak tepat sasaran? Ya, diet ini memang dikhususkan bagi mereka yang menderita penyakit celiac atau bagi mereka yang sensitif terhadap gluten. Bagi dua kelompok ini, diet bebas gluten tidak lain dapat mencegah komplikasi lebih lanjut dari kedua jenis penyakit tersebut.

Diet ini juga merupakan keharusan agar terhindar dari rasa sakit saat setelah mengkonsumsi makanan. Bagi orang yang memiliki penyakit celiac, protein dapat menyebabkan peradangan di usus kecil yang dapat merusak lapisan dalam usus kecil, juga dapat meyebabkan malabsorbsi mineral dan nutrisi sehingga dapat mengakibatkan penurunan berat badan, diare, sembelit dan beberapa gejala lainnya.

 www.celiacinorlando.com

www.celiacinorlando.com

Hal kedua tentu saja soal biaya. Menurut sebuah studi oleh para peneliti di Dalhousie Medical School in Halifax, Nova Scotia, produk bebas gluten umumnya dijual 242% lebih mahal dibandingkan dengan produk yang mengandung gluten. Hal ini tentu saja berkaitan dengan bahan yang digunakan serta cara pengolahan makanan yang khusus. Tak heran jika ada hasil studi yang melaporkan bahwa harga jual makanan non gluten di pasaran dijual 2,5 kali lebih mahal dibandingkan dengan produk makanan berglutein. Jadi Anda tidak mau membuang percuma uang Anda untuk hal yang kurang bermanfaat bagi tubuh kan?

Diet bebas gluten juga bukan perkara yang mudah. Diet jenis ini menjadi cukup menantang karena produk makanan dengan gluten lebih banyak daripada yang Anda pikirkan. Bahkan jika Anda menemukan makanan yang bebas gluten, Anda masih perlu memastikan apakah makanan tersebut dicampur atau dioleh dengan gluten-containing ingredients, zat aditif ataupun pengawet atau tidak. Namun bagi penderita sensitif gluten, masih ada sedikit keuntungan dimana mereka tidak perlu melakukan gluten free diet seketat yang harus dilakukan para penderita celiac. Hanya saja mereka perlu tahu di level mana konsumsi gluten mereka tidak menyebabkan rasa sakit. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Cara Meredakan Stress Pagi Hari

10 Cara Menghindari Flu dengan Cepat!

Menjadikan CuciĀ  Tangan Sebagai Gaya Hidup

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: healthywomen.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment