Waktu Terbaik untuk Mengkonsumsi Buah

| Posted : 13 Jan 2014 | Berita Sehat No comments

A3-02Buah-buahan memiliki banyak manfaat kesehatan sehingga selalu disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Meski demikian, bukan berarti buah bisa dimakan setiap waktu. Pallavi Srivastava, ahli gizi sekaligus pendiri Q-Slim Fitness Studio menyarankan beberapa waktu terbaik untuk mengkonsumsi buah. Kapan saja? Mari simak ulasan di bawah ini.

Waktu terbaik pertama untuk makan buah adalah pada saat cuaca dingin atau pergantian musim. Pada masa-masa tersebut tubuh rentan terhadap serangan penyakit dan dehidrasi. Dalam buah terkandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam sebagian besar buah ampuh menahan serangan flu atau gangguan perncernaan yang kerap muncul saat cuaca dingin. Selain itu, buah juga merupakan salah satu sumber air sehingga dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

12 waktu terbaik makan buahPallavi Srivastava juga menyarankan untuk mengkonsumsi saat perut masih kosong. Pemilihan waktu tersebut memungkinkan tubuh memperoleh manfaat buah secara optimal. Pada saat perut kosong, buah akan tercerna lebih baik sehingga serat serta nutrisi lainnya lebih mudah diserap. Sebaliknya, buah tidak dicerna dengan baik jika dikonsumsi bersamaan atau setelah menyantap makanan utama.

Buah juga disarankan dikonsumsi ketika sarapan. Pagi hari merupakan saat ideal untuk menggantikan energi tubuh yang hilang selama tidur. Ketika makan pagi perut juga biasanya dalam kondisi kosong sehingga tubuh dapat menyerap seluruh vitamin dan nutrisi buah dengan lebih maksimal. Zat gizi dari buah ketika sarapan akan sangat bermanfaat untuk mendukung aktivitas yang Anda lakukan pada siang hari.

12 saat makan buahWaktu lain yang tepat untuk mengkonsumsi buah adalah sebelum atau setelah beraktivitas. Makan buah-buahan sebelum bekerja akan memberikan energi tambahan untuk mendukung aktivitas. Sebaliknya, mengudap buah usai melakukan kegiatan dapat membantu tubuh untuk mengembalikan energi yang hilang. Hal tersebut dapat terjadi karena buah mengandung gula dalam bentuk sederhana sehingga mudah dicena menjadi energi.

Selain waktu-waktu di atas, Anda juga harus memperhatikan waktu terburuk mengkonsumsi buah. Jangan mengkonsumsi buah sebelum tidur. Beberapa buah menimbulkan kecemasan jika dikonsumsi sebelum istirahat malam. Energi yang berasal dari kandungan gula buah juga akan berpengaruh pada pertambahan berat badan jika tidak segera dimanfaatkan. Sebaiknya konsumsi buah setidaknya tiga jam sebelum Anda tidur.

Baca juga :

Water-Soluble Vitamins, Vitamin yang Larut dalam Air

Tips Mengkonsumsi Nutrisi Tambahan

Larutan untuk Menghilangkan Pestisida pada Buah dan Sayur

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

healthmeup.com

huffingtonpost.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment