Vitamin Terbaik untuk Kulit Anda

| Posted : 26 Oct 2015 | Berita Sehat, Kecantikan No comments
Ilustrasi Kulit Sehat

Ilustrasi Kulit Sehat pixabay

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi tentu akan memudahkan seseorang dalam memperoleh beragam informasi yang dibutuhkan. Termasuk beragam hal yang terkait dengan dunia kecantikan. Guna menjaga kesehatan, umumnya orang akan membatasi paparan sinar matahari. Ada yang melakukannya menggunakan tabir surya, topi hingga payung tatkala beraktivitas di luar ruangan.

Meski demikian, tidak melulu sinar matahari itu merusak kulit. Mendapatkan paparan sinar matahari pagi selama 10 hingga 15 menit dapat membantu produksi vitamin D dalam tubuh.  Vitamin D dikenal sebagai salah satu vitamin terbaik dalam tubuh selain vitamin C, K dan E. Salah satu manfaat utama vitamin D dikaitkan dengan penyerapan kalsium.

Vitamin D juga ditengarai mampu membantu dalam pengobatan psoriasis, suatu bentuk kelainan akibat gangguan sistem daya tahan tubuh dengan gejala utama terjadi pada kulit. Psoriasis dapat menyebabkan peningkatan kecepatan pergantian kulit lapis luar. Jika dibandingkan dengan kulit normal, kulit orang dengan psoriasis akan tampak lebih tebal dan bersisik.

Selanjutnya ada vitamin C. Ada dua alasan utama terkait kmanfaat vitamin C dalam membantu dalam merawat kulit. Pertama adalah sifat antioksidannya, dan yang kedua adalah pentingnya vitamin C dalam sintesis kolagen. Seperti yang diketahui bersama, antioksidan dikenal sebagai agen yang berguna untuk menangkal efek buruk dari radikal bebas berlebih dari dalam tubuh.

Konsumsi vitamin C secara oral dapat meningkatkan efektivitas tabir surya pada kulit. Hal ini tentu akan memberikan perlindungan yang lebih pada kulit dari paparan buruk sinar ultraviolet. Bahkan dalam beberapa kasus, vitamin C dapat mengurangi munculnya keriput. Karena berperan penting dalam sintesis kolagen alami tubuh, vitamin C dikenal bermanfaat sebagai penangkal tanda penuaan.

Ilustrasi Kulit Sehat

Ilustrasi Kulit Sehat pixabay

Selanjutnya ada vitamin K. Dokter sering menggunakan krim dengan vitamin pada pasien yang baru saja menjalani operasi. Seperti yang telah diketahui bersama, vitamin K dapat membantu dalam proses pembekuan darag. Dalam hal ini vitamin K memiliki fungsi dalam memantu menyembuhkan bagian tubuh yang menjadi memar paska dilakukannya operasi. Vitamin K dapat ditemukan di berbagai krim topikal. Menariknya krim ini juga ditengarai dapat membantu mengobati iritasi hingga pemandangan kurang menyenangkan seperti spider veins, stretch mark, bekas luka, dan lingkaran hitam di bawah mata.

Selanjutnya ada vitamin E. Tentu orang tidak akan asing lagi dengan vitamin kulit yang stu ini. Bahkan tak hanya kosmetik saja, kini vitamin E juga banyak diproduksi dalam bentuk kapsul. Kekurangan vitamin E dapat meningkatkan resiko kerusakan kulit, termasuk kanker kulit sekalipun. Meski kini berbagai vitamin ini terbilang cukup mudah ditemukan di pasaran, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dulu dengan dokter kulit sebelum memtutuskan untuk mengkonsumsinya.

Baca juga:

Aneka Makanan Sehat untuk Kulit Anda

Menggunakan Makanan Fermentasi Demi Kesehatan Kulit

Makanan yang Akan Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.healthline.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment