Tusuk Gigi Dapat Menyebabkan Masalah di Area Rongga Mulut

| Posted : 25 May 2016 | Berita Sehat No comments
Tusuk Gigi

Tusuk Gigi pixabay

Tusuk gigi bukan merupakan produk baru di Indonesia. Produk yang terbuat dari potongan bambu ini kerap digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang bersembunyi di sela-sela gigi. Sayangnya tusuk gigi ternyata berpotensi menyebabkan masalah di rongga mulut Anda. Berikut ulasan selengkapnya!

Tusuk gigi termasuk salah satu produk yang cukup mudah ditemui. Seringkali berbagai tempat makan menyediakan tusuk gigi sebagai pelengkap di meja makan. Bahkan saat memesan makanan dalam box sekalipun umumnya akan dilengkapi dengan sendok plastik, tissue dan juga tusuk gigi. Sebenarnya tusuk gigi merupakan alat yang cukup aman digunakan. Namun penggunaan tusuk gigi harus dilakukan dengan cermat dan perlahan sehingga tidak menegak gusi maupun gigi.

Meski demikian sebenarnya penggunakaan tusuk gigi ini bukan menjadi alat yang direkomendasikan oleh American Dental Assosiation. Pasalnya penggunaan tusuk gigi yang tidak cermat dapat merusak gusi. Jika penggunaan tusuk gigi ini sudah menjadi kebiasaan maka resiko kerusakan gusi pada area yang kerap dibersihkan dengan tusuk gigi pun akan semakin besar.

Terkait hal ini, alat pembersih gigi yang direkomendasikan untuk membersihkan siisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi adalah dental floss atau yang dikenal luas sebagai benang gigi. Selain itu ada pula sikat untuk sela-sela gigi bernama interdental brush. Meski tergolong lebih aman namun kedua alat ini belum banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Ada beberapa alasan yang menjadikan tusuk gigi masih menjadi primadona masyarakat luas. Pertama, jika dibandingkan dengan dental floss ataupun interdental brush, tusuk gigi masih lebih mudah ditemukan di pasaran, bahkan di supermarket kecil sekalipun. Berbeda dengan dental floss dan interdental brush yang hanya dijual di tempat-tempat tertentu saja. Belum lagi soal harga. Harga dental floss bisa 15K hingga 55 K sedangkantusuk gigi hanya 1,5K saja.

Tusuk Gigi

Tusuk Gigi pixabay

Menariknya lagi meski tidak ada sisa makanan yang terselip di gigi, para ahli menyarankan untuk tetap melakukan pembersihan di sela-sela gigi menggunakan alat yang dianjurkan seperti dental floss ataupun interdental brush tadi. Hal ini baik dilakukan untuk meminimalisir terjadinya plak pada gigi. Jika sisa makanan terselip di satu sudut gigi yang sama secara berulang-ulang, ada baiknya untuk segera periksa ke dokter gigi. Dikhawatirkan hal tersebut merupakan tanda kerusakan gigi ataupun gusi seperti gigi berlubang ataupun terjadinya gusi turun.

Baca juga:

Seluk-beluk Kanker Mulut

Cara Tepat Menanggulangi Sensasi Pedas di Mulut

Fatty Liver, Penyakit Berbahaya Ketika Hati Dalam Kondisi Berlemak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment