Tips Meredakan Gejala Flu

| Posted : 07 Dec 2013 | Berita Sehat No comments

9 fluMusim hujan yang tengah melanda tidak hanya membuat Anda selalu waspada dengan payung atau jas hujan. Pada musim seperti ini Anda juga dihadapkan dengan ancaman beberapa penyakit seperti flu. Meski tampak ‘ringan’, flu adalah penyakit yang mengganggu sistem kekebalan tubuh. Gejala seperti demam, hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan tentu mengganggu aktivitas harian Anda.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan saat terserang flu. Meski tidak dapat membunuh virus penyebabnya, tetapi langkah-langkah berikut dapat membantu Anda merasa lebih baik ketika terjangkit influenza.

Woman SleepingKetika terserang flu, usahakan agar Anda beristirahat dengan cukup. Orang dewasa umumnya memerlukan tujuh jam per malam. Tambahan dua jam tidur akan membantu meredakan flu karena tidur adalah waktu terbaik untuk memulihkan tubuh. Buat diri Anda tetap bersih selama terjangkit flu dengan air hangat. Gunakan juga handuk bersih serta pastikan hanya Anda yang mengunakannya karena virus penyebabnya sangat mudah menular.

Upaya lain yang mudah dilakukan saat menderita flu adalah dengan memperbanyak konsumsi air. Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan cara terbaik menghindari penyakit. Selain air putih, Anda dapat minum jus, teh, atau minuman elektrolit. Jus buah dan sayur tidak hanya mengandung air tetapi juga vitamin dan mineral alami yang diperlukan tubuh. Teh hangat kaya akan antioksidan. Uap panas dan suhu hangat minuman tersebut membantu meredakan sakit di tenggorokan.

9 Open Clogged AirwayUntuk mengatasi rasa gatal karena lendir di tenggorokan Anda dapat berkumur dengan air garam. Lakukan kegitan tersebut setelah Anda bangun pada pagi hari. Berkumur dengan air garam juga membantu membuka telinga. Sedangkan menghirup uap panas merupakan salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Membersihkan hidung dengan air juga dapat membuat Anda merasa lebih baik.

Saat virus flu menyerang, Anda perlu mengkonsumsi vitamin tambahan. Vitamin C dan E membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda juga dapat mengkonsumsi obat flu yang banyak tersedia. Umunya penderita flu terganggu waktu istirahatnya apalagi bila disertai batuk. Obat flu tidak hanya membantu meringankan flu tertapi juga membuat Anda tidur dengan baik.

9 chicken soupMakanan bernutrisi juga mendukung proses pemulihan flu. Sup ayam tidak hanya lezat tetapi juga membuat tubuh terasa nyaman usai mengkonsumsinya. Selain itu Anda dapat mencoba memanfaatkan bawang putih, jahe, serta rempah-rempah yang merupakan pereda flu tradisonal. Pisang juga baik dikonsumsi saat flu karena dapat menyembuhkan rasa mual secara alami.

Jika gejala flu memburuk dan tidak mereda selama beberapa pekan, segera hubungi ahli medis.

Baca juga :

Mewaspadai Dehidrasi Ketika Musim Hujan

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat Ikan Laut untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

www.newhealthguide.org

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment