Tips Mengkonsumsi Nutrisi Tambahan

| Posted : 07 Dec 2013 | Berita Sehat No comments

Vitamins & mineralsAgar dapat beraktivitas dengan baik terkadang tubuh memerlukan asupan suplemen vitamin dan mineral tambahan. Dokter juga kerap menyarankan hal tersebut karena berbagai alasan kesehatan. Kalsium, zat besi, mangan serta Vitamin A, B, C, D, E, dan K penting dikonsumsi untuk memperkuat tulang dan gigi serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi vitamin dan mineral juga meningkatkan energi serta menjaga kesehatan tubuh. Tetapi kapan sebaiknya tambahan-tambahan nutrisi tersebut dikonsumsi?

Dikutip dari www.newhealthguide.org, waktu terbaik untuk mengkonsumsi vitamin tambahan adalah pada pagi hari. Pada pagi hari tubuh tidak memiliki cukup nutrisi dan memerlukan energi tambahan agar dapat kembali berfungsi dengan baik. Konsumsi suplemen vitamin Anda 30 menit sebelum sarapan pagi. Hal tersebut membuat vitamin tercerna dengan baik. Nutrisi yang dikonsumsi pada pagi hari akan efektif pada siang hari sehingga tubuh dapat berkativitas dengan efektif.

Choice of medicineSebagian besar vitamin dan mineral merupakan unsur gizi sederhana yang mudah dicerna dan diserap bersama makanan. Karena hal inilah Anda disarankan untuk mengkonsumsi vitamin pada waktu makan. Suplemen vitamin juga harus dikonsumsi dengan teratur terutama vitamin yang larut dalam air. Karena larut dalam air, water-soluble vitamins akan hilang bersamaan dengan proses ekskresi seperti urin. Sedangkan vitamin A, D, E, dan K akan tersimpan dalam tubuh karena tergolong jenis fat-soluble vitamins.

Vitamin D akan lebih maksimal jika dikonsumsi bersamaan dengan suplemen atau makanan yang kaya akan magnesium. Keduanya akan membantu penyerapan kalsium dengan baik. Vitamin C dapat membantu tubuh menyerap zat besi. Vitamin B12 akan memberikan hasil optimal ketika dikonsumsi dengan asam folat. Sebaliknya, jika pada saat tubuh kekurangan vitamin B12 tetapi mengkonsumsi asam folat maka dapat mengakibatkan anemia bahkan kerusakan syaraf yang tidak bisa disembuhkan.

Calcium TabletsKombinasi vitamin memang merupakan salah satu cara agar nutrisinya terserap optimal. Meski demikian ada beberapa jenis nutrisi yang tidak dapat dikonsumsi bersamaan. Suplemen kalsium tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan zat besi karena kalsium dapat menghambat penyerapan zat besi. Jadi, bila Anda adalah penderita anemia sekaligus memerlukan kalsium tambahan, konsumsilah zat besi dan kalsium pada waktu yang berlainan.

Vitamin K juga sebaiknya tidak dikonsumsi dengan vitamin E karena menimbulkan reaksi negatif. Vitamin E dalam jumlah besar dapat menggangu tubuh mengoptimalkan vitamin K. Seperti diketahui bahwa vitamin K penting untuk proses pembekukan darah. Vitamin K yang bereaksi dengan vitamin E dapat meningkatkan resiko pendarahan.

5 balance foodSebenarnya suplemen vitamin dan mineral tambahan tidak perlu sering dikonsumsi jika pola makanan Anda sudah kaya nutrisi. Dosis serta waktu mengkonsumsi tambahan nutrisi juga tergantung kebutuhan dan sifat nutrisi. Sebagai pedoman, Anda dapat menggunakan RDAs atau recommended daily allowances. RDAs merupakan tabel yang menggambarkan kebutuhan vitamin serta mineral harian.

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment