Tips Mengenali Kuas Bulu Babi

| Posted : 26 Feb 2016 | Berita Sehat, Kecantikan No comments
Kuas Sintetik

Kuas Sintetik sedonalace

Kuas merupakan salah satu alat yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kini kuas tidak hanya identik digunakan untuk kaum hawa saja. Memasak steak atau jangung bakar juga memerlukan kuas. Kuas yang beredar di dunia dibedakan menjadi dua kelompok yaitu kuas alami dan kuas sintetik. Kuas alami dibuat dari bulu hewan, sedangkan kuas sintetik dibuat dari plastik.

Kuas alami banyak diminati oleh pasar dunia. Pada jenis kuas kosmetik misalnya. Bulu hewan pada kuas tentu akan terasa lebih lembut di kulit jika dibandingkan dengan jenis kuas sintetik. Terkait hal ini, bagi umat muslim, penggunaan kuas perlu mendapatkan perhatian yang lebih. Pasalnya jika tidak mengetahui ciri khusus kuas alami dari babi, besar kemungkinan Anda memilih produk ini.

Belum lagi jika Anda menggunakan kuas babi untuk memasak makanan. Ada kemungkinan percikan api saat mengoleskan bumbu yang dapat meleleh di atas bahan makanan yang sedang dimasak. Bisa dibayangkan apa yang dapat terjadi bukan? Lalu bagaimana cara membedakan bulu babi dalam kuas? Berikut beberapa contoh mudahnya!

Cara paling mudah membedakan bulu asli atau sintetik dapat dilakukan dnegan membakarnya. Jika meleleh namun tidak berbau, berarti bulu dalam kuas tersebut terbuat dari plastik. Berbeda kasusnya jika setelah dibakar namun lelehannya berbau khas binatang. Bau khas ini datang dari keratinn yang terdapat di dalam bulu atau rambut hewan.

Kuas Sintetik

Kuas Sintetik kohls

Keratin merupakan salah satu kelompok protein yang dikenal sebagai protein serat. Protein jenis ini memiliki struktur panjang lengkap dengan pelindung keratin di bagian permukaan rambut. Pelindung tersebut memiliki kesamaan dengan pelindung pada kuku kita, paruh, sisik ikan, tanduk ataupun kuku binatang.

Pelindung inilah yang menimbulkan bau khas saat dibakar. Selain itu, kuas dari bulu babi biasanya berwarna putih. Jadi ada baiknya jika Anda menanyakan dulu sebelum membeli kuas berwarna putih. Kalau masih ragu, coba cabut sedikit bulunya lalu dibakar. Salah satu kuas yang banyak digunakan untuk pengolahan bakery adalah kuas sintetik yang terbuat dari silikon. Bagaimana dengan berbagai kuas yang terdapat di rumah Anda?

Baca juga:

Tips Membersihkan Spons dan Kuas Kosmetik

Kelebihan Kuas Sintetik Dalam Dunia Kecantikan

Cara Menghapus Riasan Mata yang Benar Bagi Pengguna Lensa Kontak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.republika.co.id dan lifestyle.okezone.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment