Tips Memilih Games Offline untuk Anak

| Posted : 12 Dec 2015 | Berita Sehat, Ibu dan Anak No comments
Permainan Offline

Permainan Offline designwoop.com

Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, tidak jarang anak sudah dibekali dengan perangkat alat komunikasi seperti smartphone ataupun tablet. Selain dapat digunakan untuk memudahkan sarana berkomunikasi, melalui dua perangat tersebut anak juga dapat menemukan berbagai permainan yang dimainkan secara offline. Karena dapat menyebabkan kecanduan, video gamess merupakan perlu mendapat perhatian orang tua. Berikut beberapa tips yang patut diperhitungkan saat memilih video games untuk anak!

Pertama pilihlah permainan yang jauh dari unsur umpatan dan kekerasan, baik dalam visual permainan ataupun suara yang ditimbulkan sepanjang permainan. Dengan mencobanya terlebih dahulu, tentu Anda dapat menilai permainan tersebut cukup baik atau tidak jika dimainkan oleh si kecil. Rating pada permainan juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan saat memilih games pada anak.

Sebisa mungkin pilihlah gamess yang sifatnya mengedukasi dan sesuai dengan umur anak. Kini video edukasi banyak yang sudah dikemas dengan cara menarik dan tidak membosankan. Video games juga harus membuat anak melatih kemampuan memecahkan masalah, cukup menantang otak dan insting sehingga anak tidak mudah bosan. Meski demikian, hindari memilih permainan yang terlalu sulit. Sesuaikan pula dengan kondisi kognitif  sehingga anak tidak mudah menyerah.

Sebaiknya pilih pula video games yang bisa membantu anak untuk berlatih tentang apa yang sedang dipelajari di sekolah. Sebagai orang tua, tentu Anda wajib mengetahui perkembangan anak di sekolah sampai mana. Dengan demikian permaianan yang dilakukan tidak hanya untuk kesenangan belaka, namun dapat bermanfaat dalam mengasah skill anak, utamanya yang berkaitan dnegan kegiatan belajar baik formal ataupun non formal.

Permainan Offline

Permainan Offline designwoop.com

Meski demikian selalu ada dua sisi dengan keputusan memberikan gamess offline pada anak. Sebagai orang tua kita wajib memanfaatkan sisi positif dari games offline. Misalnya saja memberikan akses games sebagai reward setelah anak mengerjakan pekerjaan rumah. Dengan demikian diharapkan games ini dapat menjadi tambahan motivasi anak untuk segera menyelesaikan pekerjaan rumah yang telah diberikan. Batasi pula waktu anak untuk bermain games. Usahakan memonitor anak sehingga hanya dapat mengakses games selama 1 atau 2jam saja setiap harinya.

Baca juga:

Ternyata Bermain Video Games Banyak Manfaatnya !

Tips Memilih Mainan Plastik yang Aman untuk Anak

Menjaga Kesehatan Mata Anak dengan Bermain dari Luar Ruangan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: meetdoctor.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment