Tiga Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

| Posted : 02 Apr 2014 | Berita Sehat No comments

18 magnesium

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran vital karena menjadi pusat poeredaran darah. Sayangnya banyak kebiasaan hidup modern yang justru kurang baik untuk jantung. Berikut tiga langkah mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Pertama, cukupi kebutuhan magnesium Anda. Magnesium merupakan mineral penting untuk menjaga fungsi normal jantung, rangka, dan sistem syaraf. Magnesium dapat membantu relaksasi pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun dan tidak mengganggu jantung. Sayangnya sebagian besar orang tidak memenuhi kebutuhan harian magnesium mereka. Bayi hingga usia lima bulan memerlukan 400 mg magnesium. Memasuki usia 6-12 bulan, kebutuhan magnesium hariannya meningkat menjadi 600 mg. demikian juga setelah memasuki usia 1-10 tahun. Kebutuhan magnesium harian yang harus dipenuhi adalah 800 mg. Usia  11-24 tahun dianjurkan untuk memenihi kebutuhan magnesium sebesar 1200 mg. Jumlah yang sama juga berlaku untuk ibu hamil. Sedangkan orang dewasa usia di atas 25 tahun cukup mengkonsumsi 800 mg magnesium per hari. Bayam dan biji labu adalah dua makanan terbaik yang kaya magnesium.

18 polyunsaturated-fats-400x400Tips kedua untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Studi kesehatan yang dipublikasikan New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa makanan dengan lemak sehat memiliki dampak signifikan pada kesehatan jantung. Lemak sehat dikenal juga dengan istilah lemak tak jenuh yang umumnya terdapat pada biji-bijian dan kacang-kacangan. Sedangkan minyak goring dan minyak sawit yang biasa dikonsumsi masyarakat merupakan jenis lemak jenuh yang kurang baik untuk kesehatan. Konsumsi lemak tak jenuh telah dibuktikan mampu menurunkan resiko masalah jantung (seperti serangan jantung dan stroke) hingga tiga puluh persen. Lemak sehat semakin efektif untuk menjaga kesehatan jantung bila dikombinasikan dengan makanan sehat lain seperti buah-buahan, sayuran, ikan, dan minyak zaitun. Kombinasi tersebut dapat meningkatkan level lipid dan kadar sensitivitas insulin.

18 MigraineTerakhir, perhatikan jika Anda sering terserang migrain. Migrain adalah sakit kepala yang disertai nyeri berdenyut pada salah satu sisi kepala. Rasa sakit yang lebih sering menyerang kaum hawa ini juga populer dengan nama sakit kepala sebelah. Penelitian kesehatan yang dilakukan pada 27.800 responsen wanita menyimpulkan bahwa migrain disertai gangguan visual (seperti blind spot atau bintik buta) adalah faktor terbesar kedua yang memicu penyakit jantung setelah tekanan darah tinggi. Migrain merupakan tanda adanya gangguan pada fungsi pembuluh darah yang dapat mengakibatkan pembekuan darah. Segera konsultasikan dengan dokter bila Anda kerap terserang sakit kepala sebelah. Anda juga bisa menghindari migrain dengan berhenti merokok dan berolahraga secara teratur.

Baca juga :

7 Makanan yang Mendukung Detoksifikasi Hati

Manfaat Kesehatan Setelah Minum Teh

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : www.huffingtonpost.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment