Ternyata Kepribadian Introvert Menawarkan Manfaat Kesehatan yang Mengejutkan !

| Posted : 25 Aug 2016 | Berita Sehat No comments

Hingga kini, kepribadian introvert sering diidentikkan dengan orang yang kurang luwes bergaul dengan lingkungan sekitar. Selain cenderung terlihat pemalu, orang berkepribadian introvert juga cenderung berfikir masak-masak sebelum bertindak atau bahkan sebelum berbicara sekalipun. Dibalik berbagai kekurangan orang  berkepribadian introvert, ternyata kepribadian ini menyimpan berbagai manfaat mengejutkan bagi kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat luas. Berikut informasi selengkapnya!

Resiko Kegemukan Lebih Rendah

Ilustrasi Introvert

Ilustrasi Introvert www.lifehack.org

Menurut hasil penelitian, ternyata orang dengan kepribadian introvert memiliki resiko kegemukan yang lebih rendah. Pasalnya orang tipe ini memiliki isyarat internal yang dapat membantu untuk mengambil makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dengan kata lain, isyarat internal kaum introvert dapat membantu mengontrol porsi makan yang ingin dikonsumsi.

Terkait dengan hal ini, para peneliti di Cornell Food and Brand Lab menemukan fakta yang cukup menarik. Saat anak-anak diminta untuk mengambil sereal dalam mangkuk besar untuk sarapan, ternyata mereka yang berkepribadian ekstrovert mengambil 33% porsi lebih banyak dari anak tipe introvert.

Memiliki Waktu Istirahat yang Lebih Banyak

Ilustrasi Introvert

Ilustrasi Introvert tinybuddha.com

Seperti yang telah banyak diketahui, jika dibandingkan dengan orang introvert, orang berkepribadian ekstrovert akan yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk bergaul dengan dunia luas. Karena alasan inilah orang ekstrovert berpotensi kekurangan waktu untuk istirahat. Berbeda halnya dengan orang tipe introvert yang cenderung memiliki me time lebih banyak. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal SLEEP, penelitian pada bagian otak yang sama, orang ekstrovert cenderung menunjukkan gejala waspada yang dapat berpotensi menyebabkan kelelahan.

Memiliki Sensitivitas Otak yang Tinggi

Ilustrasi Introvert

Ilustrasi Introvert www.lifehack.org

Meski berada dalam situasi ramai ataupun tenang, orang tipe introvert memiliki aktivitas otak yang tergolong tinggi. Hal ini dapat membuat orang introvert lebih sensitif dengan rangsangan yang datang dari luar. Karena alasan inilah orang introvert cenderung merasa kuwalahan menghadapi situasi sosial yang ada.  Meski ada yang menganggap hal ini kurang baik, namun hal ini juga menyimpan sisi baik yang menarik. Dengan sensitivitas yang tinggi berarti Anda tahu persis mana hal yang harus atau tidak boleh dilakukan.

Baca juga:

Apa Sih yang Akan Terjadi Jika Anda Berhenti Merokok Selama 20 Menit Saja?

Tips Agar Penurunan Berat Badan Anda Semakin Terasa menyenangkan

Mana yang Lebih Menyehatkan ? Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin ? Ini Jawabannya !

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.shape.com dan www.alodokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment