Ternyata Bakteri Ini yang Dapat Mempengaruhi Berat Badan Kita!

| Posted : 25 May 2016 | Berita Sehat No comments
Perut

Perut pixabay

Bagi sebagian wanita, pembicaraan terkait berat badan merupakan topik yang selalu menarik untuk dibicarakan. Pasalnya berat badan dapat mempengaruhi penampilan wanita. Berbicara tentang topik menarik yang satu ini, ternyata bakteri yang berada di usus dapat mempengaruhi berat badan kita.

Hal ini didukung dengan hasil penelitian dari King’s College London. Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 1000 sampel. Sampel penelitian tersebut diambil dari 416 pasangan kembar, dimana 171 sampel merupakan pasangan kembar identik dan sisanya merupakan pasangan kembar non identik. Selanjutnya para peneliti mengurutkan gen dari mikroba dari sampel yang ada.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kembar identik berbagi 100% dari gen mereka, sementara kembar non-identik sekitar 50% dari gen mereka. Dalam penelitian ini terkuak fakta yang cukup menarik. Jika dibandingkan dengan kembar non identik, maka bakteri usus pada kembar identik memiliki lebih banyak kesamaan.

Hal ini menunjukkan bahwa gen mempengaruhi jenis bakteri yang hadir di dalam usus. Terlebih lagi ketika para peneliti menemukan kehadiran kelas bakteri bernama Christensenellaceae. Pada keadaan tertentu bakteri Christensenellaceae minuta ini ternyata lebih umum ditemukan pada orang dengan berat badan yang rendah.

Selain memiliki banyak kesamaan yang dipengaruhi oleh gen, dalam penelitian terungkap bahwa peningkatan jumlah bakteri Christensenellaceae minuta dalam usus dapat membantu untuk mengurangi atau mencegah obesitas. Bagimanapun juga obesitas merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes melitus.

Wanita

Wanita pixabay

Ke depannya, hasil penelitian ini dapat memberikan alternatif bagi kita untuk mulai memperhatikan probiotik yang dapat mengurangi risiko obesitas dan penyakit lain yang berkaitan dengan probiotik itu sendiri. Karena itulah jenis bakteri baik di dalam usus harus senantiasa dijaga. Slah satu caranya dapat dilakukan dengan melakukan pola makan yang sehat dan cukup nutrisi. Sudah idealkah berat badan Anda?

Baca juga:

Kebiasaan Buruk yang Dapat Menggagalkan Program Penurunan Berat Badan

3 Makanan Terbaik yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga

Mengenal Revolusi Kesehatan Bernama Detox Diet

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment