Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium

| Posted : 30 Nov 2013 | Berita Sehat No comments

53 magnesium symbolAgar dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar, Anda memerlukan berbagai zat gizi salah satunya adalah kalsium sehingga tubuh tertopang dengan kokoh. Agar kalsium terserap dengan optimal, diperlukan mineral lain yaitu magnesium dan zinc. Tetapi terkadang asupan zinc lebih diutamakan ketimbang jumlah magnesium. Padahal mineral dengan lambang Mg tersebut juga memiliki peran penting dalam tubuh.

Magnesium berfungsi mengaktifkan sekitar 300 enzim yang berperan dalam tubuh. Mineral tersebut juga mengubah gula darah menjadi energi. Peranan lain dari magnesium adalah menjaga kesehatan tulang dan jantung, membangun serta mencegah tulang agar tidak keropos,mengatur irama jantung sehingga tidak terjadi hipertensi, menguatkan otot, mencegah batu ginjal, mencegah migrain dan insomnia, mengurangi resiko kecemasan hingga kelelahan. Bagi wanita, magnesium bermanfaat untuk mencegah kram pramenstruasi, PMS, keguguran, serta lahir mati.

53 TinnitusMengingat pentingnya magnesium, tubuh akan memberikan reaksi tertentu jika kekurangan zat tersebut. Dikutip dari dailyhealthpost.com, berikut beberapa tanda jika tubuh kekurangan mineral Mg.

Yang pertama adalah gangguan pendengaran dan tinnitus. Para ilmuwan Cina menemukan bahwa magnesium berperan dalam menghambat radikal bebas yang terkait dengan gangguan pendengaran pada bagian cochlea. Selain itu, jika kekurangan magnesium tubuh akan mengalami tinnitus atau telinga berdenging. Studi yang dilakukan oleh ilmuwan di Mayo Clinick Arizona mengemukakan bahwa 26 pasien dengan gejala telinga berdenging memperoleh hasil signifikan setelah mengkonsumsi tablet 532 mg magnesium selama tiga bulan.

53 depressionGejala kekurangan magnesium yang kedua adalah depresi. Dokter ahli jiwa telah menggunakan magnesium sulfat untuk pasien dengan gangguan depresi sejak seabad lalu. Peneliti di rumah sakit jiwa Kroasia mengambil sampel darah dari 180 pasien penderita depresi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa sampel darah 79 pasien depresi yang mencoba melakukan bubuh diri memiliki kadar magnesium yang lebih rendah dibanding 101 pasien depresi lain yang tidak melakukan usaha bunuh diri.

Ketiga, tubuh akan mengalami aritmia jantung jika kekurangan magnesium. Aritmia jantung disebut juga irregular heartbeat atau abnormal heart rhythm alias kelainan denyut jantung. Para dokter dari Henry Low Heart Center di Hartford Hospital Connecticut menyatakan bahwa sebagian besar pasien heart arrhythmias mengalami kekurangan magnesium intraseluler. Hal tersebut menjadi dasar diberikannya magnesium kepada pasien dengan aritmia jantung.

53 irregular heartbeatBatu ginjal dalah gejala kekurangan kalsium yang terakhir. Batu ginjal kerap dikaitkan dengan penumpukan kalsium yang tidak terserap dengan baik oleh tulang. Kalsium yang tidak terserap dengan baik merupakan indikasi kurangnya magnesium. Magnesium juga diberikan kepada pasien dengan riwayat batu ginjal karena zat tersebut bersifat kidney stone inhibitor atau penghambat batu ginjal. Magnesium menghambat pengikatan kalsium dan oxalate menjadi bibit batu ginjal.

Jadi bila Anda merasa mengalami empat gejala di atas, segera konsumsi sayuran berwarna hijau tua atau makanan lain dengan kandungan magnesium tinggi. Anda juga dapat memanfaatkan suplemen penambah magnesium sesuai usia dan kondisi tubuh.

Baca juga :

Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tujuh Manfaat Minyak Kelapa

Manfaat Ikan Laut untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment